Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Model Pembelajaran Teknik Lompat Jangkit Dengan Metode Bermain di Sekolah Dasar

R Sudarwo
Yohanes Yohanes
Submitted
Oct 30, 2013
Published
May 1, 2011
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Sudarwo, R., & Yohanes, Y. (2011). Model Pembelajaran Teknik Lompat Jangkit Dengan Metode Bermain di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(3), 329–337. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i3.30
Abstract

This study aims to describe how far the application of learning models jump technique transmissible by playing methods to improve student achievement in elementary school. Results showed that students more actively involved in learning, they do jump transmissible enthusiastic while playing, so it can be concluded students feel happy to do the jump transmissible by playing methods, as well as students make the mistake of awareness and responsibility of learners doing push ups with pleasure as punishment without being asked by the teacher.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran sejauhmana penerapan model pembelajaran teknik melompat jangkit dengan metode bermain dapat meningkatkan prestasi peserta didik di sekolah dasar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik lebih aktif terlibat dalam pembelajaran, mereka antusias melakukan lompat jangkit sambil bermain, sehingga dapat disimpulkan peserta didik merasa senang melakukan lompat jangkit dengan metode bermain, begitupun ketika peserta didik melakukan kesalahan dengan kesadaran dan tanggung jawab peserta didik melakukan push updengan senang sebagai hukuman tanpa diminta oleh guru.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 463
Downloads : 2422
References
Bucher, C.A. 1983. Foundation of Physical Education and Sport, St. House CV. Mosby.
Departemen Pendidikan Nasional, 2002, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta.
Lange Gunter. 1995. Manual Aktual Knowladge for Indonesia Level I Coacher, Jakarta.
Matakupan. 1993. Materi Pokok Teori Bermain, Jakarta.
Mutohir. 1996. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar, Lembaga Penelitian IKIP Surabaya.
Persatuan Atlet Seluruh Indonesia. 1991. Anggaran Dasar dan Rumah Tangga, PASI 1990-1991 Jakarta.
Slavin, R.E. 1994. Educational Psychology: Theory Research and Practice. Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.