Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Problematika Pendidikan Masa Pandemi di Indonesia pada Daerah 3-T (Terluar, Tertinggal, dan Terdepan)

Anta Ibnul Falah
Agus Heruanto Hadna
Submitted
Jul 6, 2022
Published
Dec 16, 2022
PDF
Citation
Falah, A. I., & Hadna, A. H. (2022). Problematika Pendidikan Masa Pandemi di Indonesia pada Daerah 3-T (Terluar, Tertinggal, dan Terdepan). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 164–185. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2997
Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak tidak hanya pada bidang kesehatan, tetapi juga pada bidang-bidang lain termasuk pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan permasalahan formal/utama pendidikan yang dihadapi siswa yang berada di daerah 3-T di masa pandemik dan mendiskusikan alternatif solusi untuk mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan basis utama penelitian terdahulu yang diperoleh dengan pendekatan semi-systematic literature review. Hasil analisis menunjukkan adanya enam metamasalah yang dihadapi pendidikan di daerah 3-T pada kondisi pandemi, yaitu 1) Sulitnya internet dan alat komunikasi untuk melakukan pembelajaran daring, 2) Keterbatasan ekonomi/pendapatan orang tua siswa, 3) Keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan, 4) Kurang memadainya kualitas pendidik yang tersedia, 5) Minimnya jumlah pendidik/tenaga kependidikan, dan 6) Sulitnya infrastruktur jalan dan jauhnya jarak tempuh sekolah. Berdasarkan enam metamasalah tersebut, hasil formulasi masalah formal yang dilakukan yakni belum meratanya sarana dan prasarana publik yang mendukung pendidikan di daerah 3-T. Alternatif solusi yang diusulkan yaitu akselerasi pembangunan infrastruktur melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Keywords
permasalahan pendidikan daerah 3-T pandemi covid-19 pembelajaran daring
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 5492
Downloads : 4801
References
Abas. (2021). Problematika Dunia Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid 19. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten. https://banten.kemenag.go.id/det-berita-problematika-dunia-pendidikan-pada-masa-pandemi-covid-19.html

Alfonso. (2021). Motivasi Belajar Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar Daerah 3T Kabupaten Bengkayang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 133–143. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3379

Arifa, S. N. (2022). Hari Pendidikan Internasional, Bagaimana Tingkat Pendidikan di Indonesia Saat ini? GoodnewsfromIndonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/01/24/hari-pendidikan-internasional-bagaimana-tingkat-pendidikan-di-indonesia-saat-ini

Arifai, S., Yusmiana, G., Kampa, R. R. A., & Islami, A. N. (2021). MOBIL 2 IN 1 DAN AKSES PENDIDIKAN DI ERA 4.0 BAGI GENERASI Z TERDAMPAK SECARA KEUANGAN OLEH COVID 19. IBEF: Islamic Banking, Economic and Financial Journal, 2(1), 16–30.

Bali, E., Bunga, B., & Kale, S. (2022). KAMPUS MENGAJAR: UPAYA TRANSFORMASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 237–241. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf

BPS. (2021). STATISTIK PENDIDIKAN 2021. In Badan Pusat Statistik.

Christianto, H. (2020). Penggunaan Media Internet Dalam Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 : Perspektif Hak Asasi Manusia Dan Hukum Pidana The Use Of Internet Media On Fulfilling Rights To Education During The Covid- 19 Pandemic : Human Rights And Criminal La. Jurnal HAM, 11(2), 239–253.

CNN-Indonesia. (2020). Nadiem: Daerah 3T Paling Butuh Belajar Tatap Muka di Sekolah. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201127134626-20-575317/nadiem-daerah-3t-paling-butuh-belajar-tatap-muka-di-sekolah.

Dit-PDPPI. (2022). Pembangunan Daerah melalui Skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha. Direktorat Pengelolaan Dukungan Pemerintah Dan Pembiayaan Infrastruktur (PDPPI) - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Dan Risiko - Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://kpbu.kemenkeu.go.id/read/77-224/umum/kajian-opini-publik/pembangunan-daerah-melalui-skema-kerja-sama-pemerintah-dan-badan-usaha

DitSD. (2022). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid. Direktorat Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/penyesuaian-kebijakan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid

Dunn, W. (2017). Public Policy Analysis: An Integrated Approach Sixth Edition (Sixth Edit). Routledge.

Gunawan, B. (2020). Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh dalam Perspektif Hak Asasi Manusia dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal HAM, 11(3), 387. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.387-404

Kepres 6, KEPUTUSAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6 TAHUN 2017 TENTANG PENETAPAN PULAU-PULAU KECIL TERLUAR. (2017).

Perpres 63, PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 63 TAHUN 2O2O TENTANG PENETAPAN DAERAH TERTINGGAL TAHUN 2O2O-2O24. (2020).

SE Mendikbud 4, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2020).

SE Mendikbud 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2021).

SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19, 1 Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri (2021). https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.346

Kompas. (2020). PBB Sebut 463 Juta Anak di Dunia Tak Bisa Akses Pendidikan Daring Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “PBB Sebut 463 Juta Anak di Dunia Tak Bisa Akses Pendidikan Daring.” https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/30/123100865/pbb-sebut-463-juta-anak-di-dunia-tak-bisa-akses-pendidikan-daring?page=all

Muhajir. (2020). Pembelajaran Daring di Era COVID-19: Kesenjangan Digital, Sistem Kompetisi, dan Model Pendidikan yang Manusiawi. Mimikri: Jurnal Agama Dan Kebudayaan, 6(2), 220–234.

Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar
Nusantara, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298

Nur Irsyadiah, & Ahmad Rifa’i. (2021). INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BLENDED COOPERATIVE E LEARNING DI MASA PANDEMI. Syntax Idea, 3(2), 6.

Republika. (2021). Nadiem Dorong Daerah 3T Lakukan Pembelajaran Tatap Muka. Republika. https://www.republika.co.id/berita/qnbzzw423/nadiem-dorong-daerah-3t-lakukan-pembelajaran-tatap-muka

Rudagi, R., & Siska, F. (2021). Analisis Ketimpangan Pendidikan pada Masa Covid-19 di Nagari Sisawah Kabupaten Sijunjung. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i1.2032

Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.
Sekretariat-GTK. (2020). Merdeka Belajar. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar

Subarsono, A. (2012). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi (Cetakan Ke). Pustaka Pelajar.

Sutopo, A. (2020). Tantangan Pendidikan di Era Pandemi. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). https://lldikti6.kemdikbud.go.id/2020/12/30/tantangan-pendidikan-di-era-pandemi/

The Conversation. (2020). Riset dampak COVID-19: potret gap akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi. https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534

UUD RI, UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945. (1945).

Ulfiaturrohmah, N., Hargianti, N. ‘Alimatul, & Diantoro, F. (2021). Dalam Menghadapi Problematika Pembelajaran Daring Di Daerah 3T. ISTIGHNA, 4(2), 115–131.

Wibowo, A. (2020). Akses Pendidikan di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 ditinjau dari Perspektif Hukum Administrasi Negara. Researchgate.Net, May. https://www.researchgate.net/profile/Aditya_Wibowo4/publication/341252194_Akses_Pendidikan_di_Indonesia_pada_Masa_Pandemi_Covid-19_ditinjau_dari_Perspektif_Hukum_Administrasi_Negara/links/5f76e9a8a6fdcc0086502da9/Akses-Pendidikan-di-Indonesia-pada-Masa-Pa

Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. BEST Journal (Biology, Education, Science, and Technology), 5(1), 318–323.