Abas. (2021). Problematika Dunia Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid 19. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten. https://banten.kemenag.go.id/det-berita-problematika-dunia-pendidikan-pada-masa-pandemi-covid-19.html
Alfonso. (2021). Motivasi Belajar Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar Daerah 3T Kabupaten Bengkayang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 133–143. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3379
Arifa, S. N. (2022). Hari Pendidikan Internasional, Bagaimana Tingkat Pendidikan di Indonesia Saat ini? GoodnewsfromIndonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/01/24/hari-pendidikan-internasional-bagaimana-tingkat-pendidikan-di-indonesia-saat-ini
Arifai, S., Yusmiana, G., Kampa, R. R. A., & Islami, A. N. (2021). MOBIL 2 IN 1 DAN AKSES PENDIDIKAN DI ERA 4.0 BAGI GENERASI Z TERDAMPAK SECARA KEUANGAN OLEH COVID 19. IBEF: Islamic Banking, Economic and Financial Journal, 2(1), 16–30.
Bali, E., Bunga, B., & Kale, S. (2022). KAMPUS MENGAJAR: UPAYA TRANSFORMASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 237–241. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf
BPS. (2021). STATISTIK PENDIDIKAN 2021. In Badan Pusat Statistik.
Christianto, H. (2020). Penggunaan Media Internet Dalam Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 : Perspektif Hak Asasi Manusia Dan Hukum Pidana The Use Of Internet Media On Fulfilling Rights To Education During The Covid- 19 Pandemic : Human Rights And Criminal La. Jurnal HAM, 11(2), 239–253.
CNN-Indonesia. (2020). Nadiem: Daerah 3T Paling Butuh Belajar Tatap Muka di Sekolah. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201127134626-20-575317/nadiem-daerah-3t-paling-butuh-belajar-tatap-muka-di-sekolah.
Dit-PDPPI. (2022). Pembangunan Daerah melalui Skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha. Direktorat Pengelolaan Dukungan Pemerintah Dan Pembiayaan Infrastruktur (PDPPI) - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Dan Risiko - Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://kpbu.kemenkeu.go.id/read/77-224/umum/kajian-opini-publik/pembangunan-daerah-melalui-skema-kerja-sama-pemerintah-dan-badan-usaha
DitSD. (2022). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid. Direktorat Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/penyesuaian-kebijakan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid
Dunn, W. (2017). Public Policy Analysis: An Integrated Approach Sixth Edition (Sixth Edit). Routledge.
Gunawan, B. (2020). Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh dalam Perspektif Hak Asasi Manusia dalam Undang-Undang Dasar NRI 1945 pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal HAM, 11(3), 387. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.387-404
Kepres 6, KEPUTUSAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6 TAHUN 2017 TENTANG PENETAPAN PULAU-PULAU KECIL TERLUAR. (2017).
Perpres 63, PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 63 TAHUN 2O2O TENTANG PENETAPAN DAERAH TERTINGGAL TAHUN 2O2O-2O24. (2020).
SE Mendikbud 4, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2020).
SE Mendikbud 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2021).
SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19, 1 Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri (2021). https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.346
Kompas. (2020). PBB Sebut 463 Juta Anak di Dunia Tak Bisa Akses Pendidikan Daring Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “PBB Sebut 463 Juta Anak di Dunia Tak Bisa Akses Pendidikan Daring.†https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/30/123100865/pbb-sebut-463-juta-anak-di-dunia-tak-bisa-akses-pendidikan-daring?page=all
Muhajir. (2020). Pembelajaran Daring di Era COVID-19: Kesenjangan Digital, Sistem Kompetisi, dan Model Pendidikan yang Manusiawi. Mimikri: Jurnal Agama Dan Kebudayaan, 6(2), 220–234.
Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar
Nusantara, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298
Nur Irsyadiah, & Ahmad Rifa’i. (2021). INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BLENDED COOPERATIVE E LEARNING DI MASA PANDEMI. Syntax Idea, 3(2), 6.
Republika. (2021). Nadiem Dorong Daerah 3T Lakukan Pembelajaran Tatap Muka. Republika. https://www.republika.co.id/berita/qnbzzw423/nadiem-dorong-daerah-3t-lakukan-pembelajaran-tatap-muka
Rudagi, R., & Siska, F. (2021). Analisis Ketimpangan Pendidikan pada Masa Covid-19 di Nagari Sisawah Kabupaten Sijunjung. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i1.2032
Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.
Sekretariat-GTK. (2020). Merdeka Belajar. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar
Subarsono, A. (2012). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi (Cetakan Ke). Pustaka Pelajar.
Sutopo, A. (2020). Tantangan Pendidikan di Era Pandemi. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). https://lldikti6.kemdikbud.go.id/2020/12/30/tantangan-pendidikan-di-era-pandemi/
The Conversation. (2020). Riset dampak COVID-19: potret gap akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi. https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534
UUD RI, UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945. (1945).
Ulfiaturrohmah, N., Hargianti, N. ‘Alimatul, & Diantoro, F. (2021). Dalam Menghadapi Problematika Pembelajaran Daring Di Daerah 3T. ISTIGHNA, 4(2), 115–131.
Wibowo, A. (2020). Akses Pendidikan di Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 ditinjau dari Perspektif Hukum Administrasi Negara. Researchgate.Net, May. https://www.researchgate.net/profile/Aditya_Wibowo4/publication/341252194_Akses_Pendidikan_di_Indonesia_pada_Masa_Pandemi_Covid-19_ditinjau_dari_Perspektif_Hukum_Administrasi_Negara/links/5f76e9a8a6fdcc0086502da9/Akses-Pendidikan-di-Indonesia-pada-Masa-Pa
Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., & Tanjung, Y. (2022). Fenomena Learning Loss sebagai Dampak Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. BEST Journal (Biology, Education, Science, and Technology), 5(1), 318–323.