Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Pendanaan Pendidikan Anak Usia Dini

Josepha Maria Tedjawati
Submitted
Aug 16, 2016
Published
Sep 16, 2013
PDF
Citation
Tedjawati, J. M. (2013). Pendanaan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(3), 346–363. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i3.294
Abstract

This study aimed to describe the funding for early childhood education and the amount of funding from each source. This study used a qualitative approach through case studies in eight districts/cities. Research methods used in the research is descriptive quantitative. The study results show that: First, early childhood education funding generally comes from the central government and the regions. However, it is perceived still not sufficient for the operational costs of early childhood education. During this time, local governments still prioritize for compulsory education program. Funds coming from the public and agency/business/industry is still limited and depends on the economic ability and willingness of agencies/business/industry. Funds coming from the providers are not sufficient, it is highly dependent on parents income. Second, assistance from the government and donations from community institutions compases of money, educator incentives, and educational toys, books, medicine, and health check for students.


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendanaan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dan besaran sumbangan dana dari masing-masing sumber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus di delapan kabupaten/kota. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian, yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil studi menunjukkan bahwa: pertama, pendanaan pendidikan anak usia dini umumnya masih bersumber dari pemerintah pusat dan daerah. Namun, hal itu dirasakan masih belum mencukupi untuk biaya operasional pendidikan anak usia dini. Selama ini, pemerintah daerah masih mengutamakan program wajib belajar pendidikan dasar. Dana yang bersumber dari masyarakat dan instansi/dunia usaha/industri masih terbatas dan tergantung pada kemampuan ekonomi masyarakat dan kesediaan dari instansi/dunia usaha/industri. Dana yang bersumber dari lembaga penyelenggara masih belum memadai, hal ini sangat tergantung kemampuan ekonomi orangtua peserta didik. Kedua, bantuan dari pemerintah dan sumbangan masyarakat/instansi terkait berupa uang, insentif pendidik, dan alat permainan edukatif, buku, obat-obatan, dan pemeriksaan kesehatan bagi peserta didik.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 2649
Downloads : 4021
References
Atmajaya, Universitas dan UNICEF. 2010. Evaluasi Kesiapan Sekolah. Jakarta: Universitas Atmajaya Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Penghitungan Biaya Total Pendidikan untuk Jenjang SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA/SMK. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Damayanti, Evi. 2012. Pemerintah Kota Bandung Tak Punya Anggaran Khusus PAUD. http://olahraga.inilah.com/read/detail/1872784/pemkot-bandung-tak-punya-anggaran-khususpaud#.UXDIgHpohgY, diunduh 19 April 2013.
Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten/kota penyelenggara PAUD, tahun 2010.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 2009. Pedoman Penyaluran Dana Bantuan Pengembangan Pusat Unggulan Program PAUD Desa/Kelurahan/Kecamatan, Kabupaten/Kota, dan Provinsi. (http://hidayat-soeryana.blogspot.com/2009/08/ pedoman-penyaluran-dana-bantuan.html diunduh tg 14 Mei 2011.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Kerangka Besar Pembangunan PAUD di Indonesia Periode 2011-2025. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional. 2012. Bantuan Penyelenggaraan Rintisan Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Sejenis. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kebijakan dan Program PAUD tahun 2011. http://pkbmcibanggala.blogspot.com/2011/09 /kebijakandan-program-paud-2011.html, diunduh 19 April 2013.
Nurteti, Lilis. 2008. Analisis Kebijakan Pembiayaan Pendidikan di Indonesia. (http://lilissumadi.blogspot.com/2008/09/analisis-kebijakan-pembiayaan.html) diunduh tanggal 16 Maret 2013.
Pendidikan Anak Usia Dini. 2010. http://www.membuatblog.web.id/2010/06/pendidikan-anak-usiadini.html, diunduh 18 Desember 2012.
Pendidikan Anak Usia Dini. 2013. http://jompailmu.blogspot.com/2013/01/prof-dr-soegeng-santosompd-dan.html, diunduh 27 Mei 2013.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta:
Depdiknas.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD, Ditjen PAUDNI Kemdiknas.
Semiawan, Conny. 2002. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Sevilla, Consuelo G, Jesus A. Ochave, Twila G. Punsalan, Bella P. Regala, Gabriel G. Uriarte. 2006.
Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Tedjawati. 2011. Kontribusi Pemerintah Daerah terhadap Penguatan Pendidikan Anak Usia Dini: Kasus di Kabupaten Jeneponto dalam Prosiding Forum Peneliti di Lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional di Makasar bulan Juli 2011. Jakarta: Balitbang Kemdikbud.
Tedjawati. 2012. Penyelenggaraan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Rangka Otonomi Daerah: Studi Kasus di Kabupaten Kulon Progo. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Balitbang Kemdikbud.
Tientje, Nurlaila Nqm. 2009. Multipel Inteligensi Pendidikan Anak Usia Dini. Bogor: Penerbit Rekatama.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Undang-Undang Nomor 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Jakarta: Sekneg RI.
UNICEF. 2009. Holistic ECD for All in Indonesia: Supporting Communities to Close the Gap. (PAUD Holistik Untuk Semua” Di Indonesia: Mendukung Masyarakat Dalam Menjembatani Kesenjangan).
Vredenbregt, J. 1987. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Wordpress. 2008. Program Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini (PPAUD) (http://
hidayatsoeryana.wordpress.com/2008/03/15/program-pendidikan-dan-pengembangan-anakusia-dini-ppaud/ dan http://ppaud.wordpress.com/), diunduh 5 April 2013.