Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Hubungan Antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn

Aina Mulyana
Soleh Hidayat
Sholih Sholih
Submitted
Aug 16, 2016
Published
Sep 16, 2013
PDF
Citation
Mulyana, A., Hidayat, S., & Sholih, S. (2013). Hubungan Antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(3), 315–330. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i3.291
Abstract

This study is aimed to describe the relationship between student perceptions of the effectiveness instructional media, interests and attitudes of students with learning outcomes in Civics at Junior High School students in Pandeglang District as the School Pilot National Standards (RSSN). The instrument used questionnaire and test. Data analysis using regression correlation. The results showed that: 1) there is a significant relationship between students’ perceptions about the effectiveness of the use of instructional media with learning outcomes (r = 0.669); 2) there is a significant relationship between students’ interest towards learning with learning outcomes (r = 0789); 3) there is a significant relationship between students’ attitudes to learning outcomes (r = 0.850); and 4) there is a significant relationship between student perceptions of the effectiveness to instructional media, interests and attitudes of the students together with learning outcomes (r = 0.870).


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hubungan antara persepsi siswa tentang efektivitas penggunaan media pembelajaran, minat dan sikap siswa dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Yang menjadi populasi adalah siswa kelas IX SMPN di Kab.upaten Pandeglang yang pada tahun 2012 berstatus RSSN. Jumlah sampel sebanyak 274 orang yang dipilih secara acak. Instrumen yang dipergunakan adalah angket dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi model regresi dengan pengujian signifikansi test statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang efektivitas penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa (r=0.669); 2) terdapat hubungan yang signifikan antara minat siswa terhadap pembelajaran dengan hasil belajar siswa (r=0.789); 3) terdapat hubungan yang signifikan antara sikap siswa dengan hasil belajar siswa (r= 0.850); dan 4) terdapat hubungan hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang efektivitas penggunaan media pembelajaran, minat dan sikap siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa (r= 0,870).

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 3458
Downloads : 2169
References
AECT (Association of Education and Communication Technology). 1977. A Handbook of Standard Terminology and Guide for Recording and Reporting Information about Educational Technology. Washington, D.C. AECT.
Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Ary, D. , Jacobs, L. & Razaviech, A. 1985. Introduction to Research in Education. 3rd ed. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Azwar, Saifuddin. 2005. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bloom, Benjamin S. (ed). 1981. Taxonomy of Educational Objektive. Hand-book 1: Cognitive Domain, New York: Longman Inc.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. 2010. Pembangunan Pendidikan Dasar di Indonesia. Jakarta: Direktorat PSMP, Dirjen Dikdasmen, Kemendiknas.
Gunawan, R. Rachmat. 2012. Hubungan Antara Minat dan Cara Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa, Tesis Magister Pendidikan Jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan, Bandung: Citra Adtya Bakti.
Irwanto, Herman E, Antonius H, Retno Priyani, Yohanes Bagus Wismanto., dan Cosmas Fernandez. 1991. Psikologi Umum. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kemp, J.E. & Dayton. D.K. 1985. Planning and Producing Instrutional Media (Fifth Edition).New York : Harper & Row. Publishers. .
Logayah, Dina Siti. 2010. Hubungan antara Persepsi kompetensi profesionalisme guru dan minat belajar dengan keterampilan geografis (Geographic Skills) di SMA Kota Bandung. Tesis Magister Pendidikan Jurusan Pendidikan IPS. Universitas Pendidikan Indonesia.
Nasution. 1998. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung: Jemmars.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 5 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2010.
Purwanto, Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmat, Jallaludin. 1990. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Karya.
Rahmat, Mamat. 2012. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Tesis Magister Pendidikan Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sabri, M. Alisuf. 1995. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Shalahudin, Makhfudh. 1990. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu.
Singer, Kurt. 1987. Membina Hasrat Belajar di Sekolah, (Terj. Bergman Sitorus), Bandung: Remaja Rosda Karya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2011, Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Susilana, Rudi. 2009. Sumber Belajar dalam Pendidikan. Dalam Ali, M., Ibrahim R., Sukmadinata, N.S., Sudjana, D., dan Rasjidin, W. (Penyuntig). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bagian II : Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama (Halaman 197 – 220)
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Moh. Uzer dan Lilis Setiawati. 1998. Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cpta.