Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Etnopedagogi: Gagasan dan Peluang Penerapannya di Indonesia

Ujang Sugara
Sugito
Submitted
Jun 15, 2022
Published
Nov 17, 2022
PDF
Citation
Sugara, U., & Sugito. (2022). Etnopedagogi: Gagasan dan Peluang Penerapannya di Indonesia . Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 93–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2888
Abstract

Etnopedagogi adalah model pembelajaran baru yang masih dikembangkan hingga saat ini, baik secara konsep maupun implementasinya.  Etnopedagogi secara sederhana ialah pembelajaran berbasis etnik, baik yang digunakan sebagai sumber belajar maupun media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep Etnopedagogi, implementasi dan hasilnya, hambatan, serta tantangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur sistematis. Tahapan pada penelitian ini adalah menentukan kata kunci, proses pencarian sesuai kriteria, dan analisis artikel. Data untuk studi literatur dikumpulkan dengan bantuan Publish or Perish software. Akses yang digunakan untuk mencari artikel yang dikaji menggunakan database Google Scholar dan Scopus dengan rentang waktu 10 tahun terakhir.  Hasil studi menunjukkan belum didapatkan konsep yang jelas mengenai Etnopedagogi. Hambatan yang berasal dari belum matangnya konsep menyebabkan implementasi Etnopedagogi yang belum matang, seperti minimnya kompetensi guru mengenai Etnopedagogi. Tantangan yang ada ialah para pemangku kepentingan pendidikan harus berani mengubah pandangan mengenai paradigma pembelajaran. Selain itu, perlu adanya pembenahan dari guru mengenai kompetensi Etnopedagogi. Dengan demikian, perlu adanya pematangan lebih lanjut mengenai konsep Etnopedagogi.

Keywords
Etnopedagogi implementasi Etnopedagogi kearifan lokal SLR
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 17238
Downloads : 12770
References
Abdurrahman, Ariyani, F., Nurulsari, N., Maulina, H., & Sukamto, I. (2020). The prospective ethnopedagogy-integrated STEM learning approach : science teacher perceptions and experiences. Journal of Physics: Conference Seris. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012082
Akhmetova, S. (2014). The ethnopedagogics of Kazakhstan: The formation and development. World Applied Sciences Journal, 29(8), 1050–1054. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2014.29.08.13942
Burns, H. L. (2015). Transformative Sustainability Pedagogy: Learning From Ecological Systems and Indigenous Wisdom. Journal of Transformative Education, 13(3), 259–276. https://doi.org/10.1177/1541344615584683
Davies, D., Jindal-Snape, D., Collier, C., Digby, R., Hay, P., & Howe, A. (2013). Creative learning environments in education-A systematic literature review. Thinking Skills and Creativity, 8(1), 80–91. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2012.07.004
Fahrutdinova, G. Z. (2016). Ethno-pedagogical factor of polycultural training. International Journal of Environmental and Science Education, 11(6), 1185–1193. https://doi.org/10.12973/ijese.2016.388a
Fakhiroh, N. Z., Suprijono, A., & M, J. (2020). Etnopedagogi Kesenian Reog Cemandi untuk Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 231–236.
Haerudin, D., & Koswara, D. (2017). Transformasi dan Kajian Etnopedagogi Naskah Wawacan Sulanjana. Jurnal Lektur Keagamaan, 15(1), 1. https://doi.org/10.31291/jlk.v15i1.513
Hasan, I., Yufiarti, Y., & Edwita, E. (2021). Horse Racing: A Traditional Game to Improve Children’s Motor Gross Skill (Ethnopedagogy study on Dompu Tribe). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1247–1258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1646
Khusainov, Z. A., Gaisin, R. I., Biktimirov, N. M., Valiev, M. R., & Gilemhanov, I. R. (2015). Formation of ecological culture in the aspect of ethno pedagogy. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1S3), 126–130. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n1s3p126
Klara, K., Baktiyar, O., Sandygul, K., Raikhan, U., & Gulzhiyan, J. (2015). Ethnic pedagogy as an integrative, developing branch of pedagogy. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1S1), 612–619. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n1s1p612
Lestari, E. T., & Bahri, S. (2021). Development of Social Studies Learning Outcomes with Tajhin Peddhis-Based Etnopedagogy Approach. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2309–2318. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.977
Lina, L., Ulfatin, N., & Sultoni, S. (2021). Domain Keterampilan Siswa SMA Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(4), 520–536. journal.um.ac.id
Mukhibat, M. (2015). Memutus Mata Rantai Radikalisme dan Terorisme Berbasis Studi Etnopedagogi di PTNU dalam Membentuk Keberagaman Inklusif dan Pluralis. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 222–247.
Neustroev, N., Neustroeva, A., & Shergina, T. (2018). Individualization and ethnopedagogy at small elementary schools components of vocational training for University Tutors. Sibirica, 17(3), 92–115. https://doi.org/10.3167/sib.2018.170309
Nikmawati, E. E., Widiaty, I., Achdiani, Y., Hurriyati, R., & Mubaroq, S. R. (2019). Educational digital media for traditional food of Kampung adat cireundeu: An ethnopedagogy perspective. Journal of Engineering Science and Technology, 14(5), 2540–2551.
Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353
Putra, P., Setianto, A. Y., Hafiz, A., . M., & . A. (2021). Etnopedagogic Studies In Character Education In The Millinneal Era: Case Study MIN 1 Sambas. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12(2), 237–252. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v12i2.547
Rahmawati, Y., Ridwan, A., Cahyana, U., & Wuryaningsih, T. (2020). The integration of ethnopedagogy in science learning to improve student engagement and cultural awareness. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 662–671. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080239
Ramadan, Z. H. (2019). ETNOPEDAGOGI DI SD NEGERI 111 KOTA PEKANBARU Zaka Hadikusuma Ramadan 1 Surel: ESJ (Elementary School Journal), 9(3), 190–200.
Rasna, I. W., & Pande Tresnayani, N. P. (2021). Values of Local Wisdom in Traditional Games Penyu Mataluh in Serangan: Study Ethnopedagogy. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(2), 346. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i2.37355
Selasih, N. N., & Sudarsana, I. K. (2018). Education Based on Ethnopedagogy in Maintaining and Conserving the Local Wisdom: A Literature Study. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 6(2), 293. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v6i2.219
Suarmika, P. E., & Utama, E. G. (2017). Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Analisis Etnopedagogi). JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 18. https://doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.327
Supriyadi, Waremra, R. S., & Betaubun, P. (2019). Papua contextual science curriculum contains with indigenous science (Ethnopedagogy study at Malind Tribe Merauke). International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2), 1994–2000.
Toleubekova, R. K., Zhumataeva, E., & Sarzhanova, G. B. (2022). The Role of Ethnopedagogy in Shaping Positive Attitudes towards Traditional Values of Kazakh People among Future Teachers in Kazakhstan. Koers - Bulletin for Christian Scholarship, 87(1), 1–12. https://doi.org/10.19108/koers.87.1.2430
Zakaria, I., & Priyatni, E. T. (2021). Dimensi Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1630–1649.