The purpose of this study is to determine the background and the ability to master the subject matter tested on the National Exam for the subject matter teachers of the high schools (SMA/MA). The subjects are high school teachers (SMA/MA) in 100 districts/cities of 21 provinces throughout Indonesia that low achieving its National Exam. The number of sample schools sample is 10 schools in every districts/cities. Criteria for selection of sample schools are schools with graduation rates less than 80%, the average score is less than 6.5, the number of students a minimum of 300 students. Respondents are a sample of the grade 12 teachers SMA/MA study program of IPA and IPS for Indonesian Language, English, Mathematics, Physics, Chemistry, Biology, and Economics subjects. The instrument used is the National Exam tests and questionnaires. The results showed that 1) 90% teachers of high school (SMA/MA) with the academic background of D4 or S1, 6% S2, 1% D1 or D2 , and 3% D3; 2) mastery of the subject matter competency of teachers SMA/MA for IPA program, the lowest score is Biology (20.77)and the highest score is Indonesian Language (92.00); for IPS program, the lowest score is Mathematics (33.33) and the highest score is Indonesian Language (82.00), 3) As many as 87% of teachers teach according to their educational background, 33% of teachers never follow MGMP and 29% of teachers rarely follow MGMP, and 38% of teachers not attended the training in accordance with the subject matter.
ABSTRAK
ÂÂ
Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) menganalisis penguasaan materi program studi IPA dan IPS guru SMA/MA yang mengajar mata pelajaran yang diuijikan dalam UN; 2) mengidentifikasi kualifikasi pendidikan guru IPA dan IPS di SMA/MA yang mengampu mata pelajaran yang diikutsertakan dalam UN; 3) mengidentifikasi guru yang mengajar sesuai dan yang mismatch terhadap kewenangan mengajar, keikutsertaan guru dalam kegiatan MGMP, dan keikutsertaan guru dalam pelatihan bidang studi serta status kepegawaiannya. Populasi penelitian ini, yaitu guru SMA/MA di 100 kabupaten/kota dari 21 provinsi. Jumlah sekolah sampel sebanyak 10 sekolah pada setiap kabupaten/kota dengan kriteria sekolah: a) tingkat kelulusan kurang dari 80%; b) nilai rata-rata kurang dari 6,5, dan c) jumlah siswa minimal 300 siswa. Sampel penelitian terpilih, yaitu guru kelas XII SMA/MA program studi IPA dan IPS yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Ekonomi. Instrumen yang digunakan berupa tes Ujian Nasional dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kompetensi penguasaan materi pelajaran pada program IPA nilai terendah Biologi (20,77) dan tertinggi Bahasa Indonesia (92,00); pada program IPS nilai terendah Matematika (33,33) dan tertinggi Bahasa Indonesia (82,00; 2) 90% guru SMA/MA berpendidikan D4/S1, 6% S2; 1% D1/D2, dan 3% D3; sebanyak 87% guru mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan. Keikutsertaan guru SMA/MA mengikuti pelatihan: 6% guru pernah mengikuti pelatihan (lebih dari 4 kali), 13% (3-4 kali), 43% (1-2 kali), dan 38% guru SMA/MA tidak pernah mengikuti pelatihan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan. Sebanyak 14% guru SMA/MA menyatakan selalu mengikuti kegiatan MGMP, 24% sering megikuti, dan 29% jarang, serta 33% guru SMA/MA menyatakan tidak pernah mengikuti kegiatan MGMP; 3) 60% status kepegawaian guru di sebagai PNS, 26% guru honorer, 9% guru tetap yayasan/guru bantu, dan sebanyak 5% guru masih CPNS.