Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA/MA di Kecamatan Simpang Ulim melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Sahat Saragih
Rahmiyana --
Submitted
Aug 12, 2016
Published
Jun 3, 2013
PDF
Citation
Saragih, S., & --, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA/MA di Kecamatan Simpang Ulim melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(2), 174–188. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i2.275
Abstract

This research is aims to convinced: if the increase of students’ mathematical communication skills in through STAD cooperative learning is higher than those who taken direct learning and there is interaction between models of learning and increasing prior knowledge of students’ mathematical communication skills. This is an experimental research conducted  in SMAN 1 Simpang Ulim and MAN Simpang Ulim with the population are all students in grade X of the schools which two classes from each school were randomly taken as samples. Two Ways ANOVA is applied to analyze the normalized gain of students’ conceptual understanding skills and mathematical communication skills. The results of this research showed that the increase of students’ mathematical communication skills through STAD cooperative learning is higher than those who took direct learning and there was not interaction between models of  learning and prior knowledge the increase of students’ mathematical communication skills.


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), apakah lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung dan ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMAN 1 Simpang Ulim dan MAN 1 Simpang Ulim dengan mengambil sampel 2 kelas dari masing-masing sekolah secara acak. Perolehan data ternormalisasi dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung, serta tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1680
Downloads : 1186
References
Ansari, B. 2009. Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Yayasan PeNA. Banda Aceh.
Arends, I.R. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Edisi Ketujuh Buku Dua. Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto, dkk. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Baroody. 1993. Problem Solving, reasoning, and comunicating. Macmillan Publishing Company. New York.
Fauzi. 2005. Metode Pemberian Tugas Pengajuan Soal (Problem Posing) dalam Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Pembegian Bilangan di Kelas IV SDN 060857 Medan. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. Lemlit Unimed. Medan.
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Pasaribu, F.T. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Siswa SMA dengan Meggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Tesis pada PPs UNIMED. Medan. Tidak diterbitkan.
Pusat Kurikulum. 2005. Kurikulum dan Hasil Belajar. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Ruseffendi, E. T. 1991. Pengantar kepada Membantu Guru dalam Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Saragih, S. 2007. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Kemunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Desertasi Doktor pada PPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Saragih, S. 2009. Pengembangan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi Siswa SMP melalui Pendekatan Matematika Realistik. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I, IKIP Medan. Medan.
Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning. Theory, research and practice (Cooperative Learning. Teori, Riset, dan Praktik). Terjemahan oleh Lita. 2009. Nusa Media. Bandung.
Sudrajat, A. 2011. Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Tersedia di: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/01/27/model-pembelajar-an-langsung/ . Diakses pada tanggal 26 Januari 2013.