Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

PENGARUH SERTIFIKASI PENDIDIK TERHADAP PENINGKATAN PUBLIKASI ILMIAH DOSEN DI PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

Fransisca Nur'aini Krisna
Sri Fajar Martono
Yusuf Faisal Martak
Joko Purnama
Titus Angga Restuaji
Submitted
Dec 14, 2021
Published
Jun 20, 2022
PDF
Citation
Krisna, F. N., Martono, S. F. ., Martak, Y. F., Purnama, J., & Restuaji, T. A. . (2022). PENGARUH SERTIFIKASI PENDIDIK TERHADAP PENINGKATAN PUBLIKASI ILMIAH DOSEN DI PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 78–92. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2464
Abstract

Pemerintah Indonesia sejak tahun 2008 telah menerapkan kebijakan sertifikasi kepada dosen. Kebijakan sertifikasi dosen memiliki tujuan meningkatkan kinerja dosen sehingga tercapai tujuan peningkatan mutu pembelajaran di pendidikan tinggi. Studi ini bertujuan menganalisis dampak program sertifikasi pendidik terhadap kinerja dosen dengan membandingkan perbedaan kinerja dosen yang telah memiliki sertifikat
pendidik dengan dosen yang tidak bersertifikat pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif menggunakan analisis data sekunder model Difference-in-Difference (DiD), Regression Discontinuity Design (RDD), dan survey online kepada dosen. Sementara itu,
pendekatan kualitatif dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur dan diskusi kelompok terpumpun yang dianalisis dengan metode tematik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian sertifikasi dosen dan tunjangan profesi berhubungan dengan peningkatan kinerja publikasi dosen meski masih belum optimal. Untuk meningkatkan dampak sertifikasi dosen, pemerintah dapat melakukan penguatan bagi dosen yang telah bersertifikat pendidik untuk memahami kinerja dosen yang
ditentukan. Di samping itu, pada pelaporan kinerja di dalam Laporan Kinerja Dosen (LKD) perlu ditambahkan angka pencapaian minimal untuk setiap jabatan dosen dan mencakup aspek Tri Dharma.

Keywords
sertifikasi pendidik kinerja dosen dampak sertifikasi Tri Dharma
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1701
Downloads : 1924
References
Albanese, M., Navarra, C., & Tortia, E. (2019). Equilibrium unemployment as a worker insurance device: Wage setting in worker owned enterprises. Economia Politica, 36(3), 653–671. doi.org/10.1007/s40888-018-00139-z
Anggraeni, R.D. (2014). Increasing lecturer competence as the quality assurance of lecturer performance. Management Studies, 2(5), 309–329. http://www.davidpublisher.org/index.php/Home/Article/index?id=604.html
Bangun, S.D.B. (2017). Analisis pengaruh dana sertifikasi dosen serta pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan
Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 11(4), 589–597. doi.org/10.1080/2159676X.2019.1628806
Daromes, F.E. (2019). Lecturer certification in the perspective of performance measurement systems and mental models. The 2nd International Conference in Accounting& Management Education, Research and Practice (ICAMERP 2015) 8-10 January 2015, Hotel Supreme, Baguio City, Philippines. doi.org/10.2139/ssrn.3364034
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2019). Monitoring dan evaluasi outcome sertifikasi pendidik untuk dosen tahun 2019 tahap II & tahap III. Kementerian Riset dan Teknologi.
Elfindri, E., Rustad, S., Nizam, N., & Dahrulsyah, D. (2015). Lecturer performances in Indonesia higher education system. Ijaedu- International E-journal of Advances in Education, 1(1), 26-36. doi.org/10.18768/ijaedu.09134
Goerke, L. (2020). An Efficiency-Wage Model with Habit Concerns about Wages. IAAEU Discussion Paper Series in Economics, 4, https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3653953
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Buku pedoman sertifikasi pendidik untuk dosen (SERDOS) terintegrasi.
Locke, E.A., & Latham, G. P. (2019). The development of goal setting theory: A half century retrospective. Motivation Science, 5(2), 93–105. doi.org/10.1037/mot0000127
Matos, M.da M., Iaochite, R.T., & Sharp, J.G. (2022). Lecturer self-efficacy beliefs: An integrative review and synthesis of relevant literature. Journal of Further and Higher Education, 46(2), 225–245. doi.org/10.1080/0309877X.2021.1905155
OECD. (2019). Benchmarking higher education system performance. https://www.oecdilibrary.org/education/benchmarking-higher-education-system-performance_be5514d7-en
Poort, I., Jansen, E., & Hofman, A. (2019). Intercultural group work in higher education: Costs and benefits from an expectancy-value theory perspective. International Journal of Educational Research, 93, 218–231. doi.org/10.1016/j.ijer.2018.11.010
Valentine, J.C., Konstantopoulos, S., & Goldrick-Rab, S. (2017). What happens to students placed into developmental education? A meta-analysis of regression discontinuity studies. Review of Educational Research, 87(4), 806-833. doi.org/10.3102/0034654317709237
Wibawa, R., & Kurniawati, W. (2019). Analisis penggunaan dana sertifikasi dosen terhadap peningkatan mutu perguruan tinggi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(3), 80–91. doi.org/10.33394/jtp.v4i2.2251
Wing, C., Simon, K., & Bello-Gomez, R. A. (2018). Designing difference in difference studies: Best practices for public health policy research. Annual Review of Public Health, 39. https://www.annualreviews.org/doi/abs/10.1146/annurev-publhealth-040617-013507