Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Afifah, N.A., Erwina, W., & Rohman, A.S. (2020). Peran tenaga perpustakaan dalam mewujudkan keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri 02 Rajamandala. 7(2), 105–112. doi.org/10.31849/pb.v7i2.4174
Antoro, B. (2018). Gerakan Literasi Sekolah dari pucuk hingga akar: Sebuah Refleksi (2nd ed.). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Beers, C.S., Beers, J.W., & Smith, J.O. (2009). A principal’s guide to literacy instruction. Guildford Press.
Dwiprabowo, R. (2021). Hubungan kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis ringkasan siswa Kelas III SD Negeri Se-Kelurahan Cipete Utara Jakarta Selatan. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 182–192. doi.org/10.37640/jip.v12i2.861
Giovanni, F., & Komariah, N. (2019). Hubungan antara literasi digital dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147–162. doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827
Handayani, F., Sepyanda, M., Dwiputri, R., & Zulfariati. (2020). Pelatihan penggunaan strategi membaca bagi siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Kota Solok Tahun Akademik 2019/2020 dalam menjawab soal ujian nasional bahasa Inggris. Jurnal Puan Indonesia 2(1), 19–32. doi.org/10.37296/jpi.v2i1.16
Hendrika, I., & Zainuddin, H. (2020). Pengaruh program literasi terhadap prestasi belajar siswa Kelas III SDN 244 Inpres Bera Kabupaten Tana Toraja. Jurnal KIP, IX(3), 31–37. http:// journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/1161
Kemala, R., Matin, & Supriyati, Y. (2021). Increasing ability to read understanding through PQ4R Method in class IV students SDI Arrayaahiin Bekasi District. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 20(1), 84–92. doi.org/10.21009/bahtera.201.08
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016a). Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI)/Indonesia National Assessment Programme (INAP). 1–2. Pusat Penilaian Pendidikan.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2016b). Manual pendukung pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Laporan kajian bahan kebijakan Teknis Literasi Nasional Tahun 2018. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019a). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (2nd ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019b). Panduan GLS di SMP (2nd ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019c). Indeks aktivitas literasi membaca 34 provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan.
Mayuni, I., Leiliyanti, E., Agustina, N., Yulianti, V., Chen, Y., & Chu, F. I. (2020). School literacy movement and its implications towards students’ learning: A comparative case study in Jakarta and Taiwan. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4,Special Issue), 1555–1569. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/6937
Mayuni, I., Leiliyanti, E., Agustina, N., & Antoro, B. (2020). The praxis of literacy movement in Indonesian context. International Conference on Humanities, Education and Social Sciences (IC-HEDS) 2019, 897–909. doi.org/10.18502/kss.v4i14.7946
Merga, M.K. (2020). What is the literacy supportive role of the school librarian in the United Kingdom? Journal of Librarianship and Information Science, 53(4)601–614. doi/10.1177/0961000620964569
Mokoagow, N., Pongoh, S., & Watung, S. (2021). Pengaruh program gerakan literasi sekolah dan fasilitas perpustakaan terhadap minat baca siswa di SMA Negeri 1 Tondano. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1). https://www.ejournal.fekon-unima.ac.id/index.php/JPE/article/view/2416
Murti, D.P., & Winoto, Y. (2018). Hubungan antara kemampuan literasi informasi dengan prestasi belajar siswa SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 1–5. doi.org/10.17977/um008v2i12018p001
OECD. (2016). PISA 2015 Results in Focus. https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-infocus.pdf
OECD. (2019). PISA 2018 results: Combined executive summaries. https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf
Pilgreen, J.L. (2000). The SSR handbook: How to organize and manage sustained silent reading program. Portsmouth: Boynton/Cook Publishers, Inc.
Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) melalui pemanfaatan sudut baca kelas sebagai sarana alternatif penumbuhan minat baca siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10–19. doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405
Rayantie, R., Hartati, T., & Rengganis, I. (2019). Penerapan strategi PQRST untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 289–297. doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22934
Sari, M.I., Astuti, H.W., Lubis, I.H., & Hutagalung, T. (2020). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi questioning siswa Kelas VII MTs. Laboratorium UIN-SU. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 48–59. doi.org/10.30596/jppp.v1i2.5343
Srirahayu, D.P., Kusumaningtiyas, T., & Harisanty, D. (2021). The role of the school librarian toward the implementation of the School Literacy Movement (Gerakan Literasi Sekolah) in East Java. Library Philosophy and Practice, 2021(2018), 1–15. https://digitalcommons.unl.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=8876&context=libphilprac
Suyanto, A. (2021). Meningkatkan kemampuan atau kompetensi guru dalam penerapan pendidikan karakter melalui supervisi klinis di SD Negeri Mangunsari Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang. Jurnal Merdeka Mengajar, 2(1), 6–12. https://www.ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/764/683