Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Etos Kerja Pedagang Perempuan Pasar Terapung Lok Baintan di Sungai Martapura

Hendraswati
Submitted
Jun 22, 2016
Published
Jun 22, 2016
PDF
Citation
Hendraswati. (2016). Etos Kerja Pedagang Perempuan Pasar Terapung Lok Baintan di Sungai Martapura. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 97–115. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i1.229
Abstract

This study aims to determine the work ethic and background of it which encourages the work ethic of female traders in Floating Market of Lok Baintan, Martapura River, Banjar. This study used qualitative method by interview, observation, and documentation. Data were analyzed using descriptive interpretative techniques. The results shows that the work ethic of female traders of Floating Market in Lok Baintan displayed their nature and characteristics in practicing their business, such as honesty, respect of time, hard work, and self-contained. Internal factors that influences their work ethic are education, their beliefs of God, culture which has existed from the past and the impact of hard work. While the external factor that inspires their work ethics are motivation among them and guidance from local government. The results of this study concludes that the female traders work ethic of Floating Market of Lok Baintan is very well as it meets the criteria of a high work ethic, as proposed by the experts, and their work ethic is also guided by the values and religious beliefs and noble culture.


 


ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji etos kerja serta latar belakang yang mendorong tumbuhnya semangat untuk bekerja atau etos kerja para pedagang perempuan di Pasar Terapung Lok Baintan Sungai Martapura, Kabupaten Banjar. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode penelitian lapangan dengan teknik wawancara, pengamatan, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etos kerja pedagang perempuan Pasar Terapung Lok Baintan di Sungai Martapura terlihat pada sifat dan karakteristik mereka dalam berusaha, seperti sifat kejujuran, menghargai waktu, kerja keras, dan mandiri. Adapun latar belakang tumbuhnya etos kerja pedagang pasar terapung Lok Baintan, dipengaruhi oleh faktor dari dalam yaitu pendidikan, keyakinan terhadap agama mereka, kultur atau budaya yang sudah ada sejak dahulu, dan dampak dari kerja keras. Faktor luar yang mempengaruhi etos kerja mereka adalah; motivasi antar sesama pedagang dan pembinaan dari pemerintah. Hasil penelitian disimpulkan bahwa etos kerja pedagang perempuan Pasar Terapung Lok Baintan sangat baik dan memenuhi kriteria etos kerja yang tinggi, sebagaimana dikemukakan oleh para ahli, dan etos kerja mereka juga dilandasi oleh nilai dan keyakinan agama serta budaya luhur.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 801
Downloads : 1236
References
Abrar, A. 2011. Etos Kerja dalam Islam. https://pintania.wordpress. com/etos-kerja-dalamislam/, diakses 12 April 2013.
Asyari , S. I. 1983. Suatu Petunjuk Praktis Metodologi Penelitian. Surabaya: Usaha Nasional.
Apriati, Y. 2013. Strategi Berdagang Di Pasar Terapung Lok Baintan: Studi Kasus Perempuan Pedagang di Pasar Terapung Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk. Tesis. Fakultas Ilmu Budaya, Program Studi Sosiologi UGM Yogyakarta.
Asifudin, A. J. 2008. Etos Kerja Islami. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Press Surakarta.
Bagus, D. 2010. Kerja: Defenisi, Fungsi dan Cara Menumbuhkan Etos Kerja. http://jurnalsdm.blogspot.co.id/2010/10/etos-kerja-definisi-fungsi-dan-cara.html, diakses 12 April 2013.
Daud, A. 2008. Perilaku dan Watak Dagang Orang Banjar. Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1 (1), PPs IAIN Antasari Banjarmasin, hlm.15-44.
Daud, A. 1997. Islam dan Masyarakat Banjar: Deskripsi dan Analisa Kebudayaan Banjar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hasan. A. 2007. Adat Dagang Orang Banjar dan Prospek Ekonomi Syariah. Jurnal Kebudayaan Kandil, 5 (15), LK 3 Banjarmasin, hlm.23-33.
https://id.wikipedia.org/wiki/etos, 2015 tentang Definisi Etos Kerja.
Juhaidi, A. 2007. Transmisi Elan Wiraswasta Urang Banjar. Jurnal Kebudayaan Kandil, 5 (15), LK 3 Banjarmasin, hlm. 16-22.
Maseri. F, 2006. Perempuan di Pasar Terapung. Jurnal Kebudayaan Kandil, 3 (11), LK 3 Banjarmasin, hlm.15-23.
Mufidah, N. 2013. Etnolinguistik: Sebuah Kajian Antropologi Masyarakat Banjar Di Pasar Terapung Lok Baintan Kabupaten Banjar. Jurnal Al-Adzka, IV (1), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin, hlm.303-316.
Muin, F. 2012. Pasar Terapung Lok Baintan dalam Tinjauan Antropologi Bahasa. Laporan Penelitian Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Murni. 2013. Perilaku Bisnis Para Pedagang di Pasar Terapung Lok Baintan. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi IAIN Antasari Banjarmasin.
Natsir, M. 2010. Pasar Terapung: Suatu Kajian Terhadap Sistem Mata Pencaharian Tradisional Masyarakat di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Laporan Penelitian, Pontianak: BPNB.
Radiansyah dan Jumadi. 2013. Tindak Tutur Dalam Transaksi Jual-Beli di Pasar Terapung Lok Baintan Martapura. Laporan Penelitian Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Ruslan dan Gazali, A. 2008. Pekerja Wanita pada Sektor Home Industry di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal Studi Gender Mu’adalah, 1 (1), PSG IAIN Antasari Banjarmasin, hlm.51-76.
Sinamo, J. 2 September 2002. Delapan Prinsip Etos Kerja. Surat Kabar Harian Republika.
Saleh, M. I. 1986. Sekilas Mengenai Daerah Banjar dan Kebudayaan Sungainya Sampai dengan Akhir Abad-19. Banjarbaru: Museum Lambung Mangkurat.
Tasmara, T. 2002. Membudayakan Etos Kerja Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Weber, M. 1992. The Protestan Ethic and the Spirit of Capitalism. New York: Charles Scribner’s.