Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Aksesibilitas Memperoleh Pendidikan untuk Anak-Anak di Indonesia

Novrian Satria Perdana
Submitted
Feb 12, 2016
Published
Dec 14, 2015
PDF
Citation
Perdana, N. S. (2015). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Aksesibilitas Memperoleh Pendidikan untuk Anak-Anak di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 279–298. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.191
Abstract

The purpose of this study is to determine the factors that influence the accessibility of education for children in Indonesia. This research used SUSENAS data from 2014 and 372,142 children aged 7-18 years as the unit of analysis. This research used the logit regression method with data processing software STATA 13. After using STATA 13 to process data from 372,142 children, the study revealed the following result: Prob> chi2 = 0.0000, which indicates that the model tested in this research is correctly classified with a value of 89.93 percent. Thus, this model is able to predict children’s access to education. Further, the dependent variable can be influenced by the independent variables as much as 89.93 percent. It can be concluded that factors positively affecting children’s access to education in Indonesia are as follows: being female and living in an urban area, having a mother who achieved higher educational levels, living in closer proximity to school, having parents who are married at a productive age, belonging to a household with a higher income per capita and belonging to a household containing a smaller number of members.



ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap aksesibilitas memperoleh pendidikan bagi anak-anak di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data SUSENAS 2014 dengan unit analisis anak berusia 7-18 tahun, jumlah responden sebanyak 372.142 anak. Penelitian ini menggunakan metode regresi logit dengan software pengolah data STATA 13. Setelah dilakukan olah data dengan menggunakan software STATA 13 dari 372.142 anak diperoleh Prob>chi2 =0.0000, artinya bahwa model yang diujikan dalam penelitian ini signifikan dengan nilai correctly classified sebesar 89,93 persen. Dengan demikian, model ini mampu memprediksi aksesibilitas anak memperoleh pendidikan serta variabel terikatnya dapat dipengaruhi oleh variabel-variabel bebasnya sebesar 89,93 persen. Dapat disimpulkan bahwa anak perempuan yang bertempat tinggal di perkotaan, latar belakang pendidikan Ibu yang semakin tinggi, jarak ke sekolah yang dekat, orang tua yang menikah di usia produktif, semakin besarnya pendapatan per kapita rumah tangga, dan semakin sedikitnya jumlah anggota rumah tangga merupakan faktorfaktor yang berpengaruh terhadap aksesibilitas memperoleh pendidikan bagi anak-anak di Indonesia.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 6044
Downloads : 3172
References
Andrew & Orodho. 2014. Socio-Economic Factors Influencing Pupils’ Access to Education in Informal Settlements: a Case of Kibera, Nairobi Country, Kenya. International Journal of Education and Research, 2(3), hlm. 1-16.
Badan Pusat Statistik. 2000-2012. Rata-rata Pendapatan Perkapita Penduduk Menurut Lapangan Pekerjaan dan Wilayah Tempat Tinggal. www.bps.go.id, diakses 09 Februari 2015.
Badan Pusat Statistik. 2003-2011. Jumlah Desa Yang Memiliki Fasilitas Pendidikan. www.bps.go.id, diakses 09 Februari 2015.
Badan Pusat Statistik. 2008-2013. Persentase Penduduk Indonesia Umur 15 Tahun ke Atas Menurut Ijazah/STTB Tertinggi yang Ditamatkan. www.bps.go.id, diakses 10 Februari 2015.
Beijing. 1995. Beijing Declaration and Platform for Action. http://www.un.org/womenwatch/daw/beijing, diakses 12 Februari 2015.
Boit & Emily. 2013. Factors influencing household decisions on access to Primary School education in Kenya: Case Study of Uasin Gishu West District. International Journal of Academic Research in Bussiness and Social Sciences ed, July 2013, 3(7), hlm. 163-173.
Finnie & Mueller. 2008. The Effects of Family Income, Parental Education, and Other Background Factors on Access to Post-Secondary Education in Canada: Evidence from the YITS. Toronto, ON: Canadian Education Project. (www.mesa-project.org/research.php), diakses 15 Februari 2015.
Ibrahim, O., Nakajo A., & Doreen, I. 2008. Socioeconomic Determinants of Primary School dropout: The Logistic Model Analysis. Uganda: Journal of Economic Policy Research Centre. Research Series, (54), hlm. 1-28.
Instruksi Presiden RI Nomor 10 Tahun 1973 tentang Program Bantuan Pembangunan Gedung SD.
Izzaty. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Sekolah Anak Jenjang SMP dan SMA di Sumatera Barat. Tesis. Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2014. Jakarta: Balai Pustaka.
Kainuwa & Najeemah. 2013. Influence of Socio-Economic and Educational Background of Parents on Their Children’s Education in Nigeria. International Journal of Scientific and Research Publication. (3), hlm. 1-8.
Kemdikbud. 2012. Analisis Kebijakan Tentang Akses Pendidikan Dasar Bermutu untuk Masyarakat Daerah Yang Termarjinalkan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan.
Lasfitri. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Sekolah di Propinsi Jambi. Tesis.
Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok.
Megan. 2002. The Effect of Family, Social and Background Factors on Their Children’s Educational Attaintment. International Journal of Business and Commerce: Papper 8.
Mustamin, St.H. 2013. Faktor-faktor Pengaruh Tingkat Pendidikan Anak di Pemukiman Kumuh di Kota Makasar. Tesis. Universitas Hasanudin, Makasar.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar.
Pusat Data dan Statistik Pendidikan. 2014. Indonesia Educational Statistics in Brief 2013/2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Saripudin. 2005. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Sektoral Terhadap Kualitas Pendidikan. Tesis. Universitas Indonesia, Depok.
Stalker, P. 2008. Laporan Millenium Development Goals Tahun 2000. Cetakan Kedua: Bappenas dan UNDP.
Titaley, M. E. 2012. Faktor-faktor Penyebab Siswa Putus Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama di SMPN 4 dan SMP Taman Siswa Jakarta Pusat. Tesis. FISIP Universitas Indonesia, Depok.
The World Education Forum. 2000. Deklarasi Dakar tentang Pendidikan Untuk Semua (Education for All atau EFA) tahun 2000. Senegal. www.idp-europe.org, diakses 20 Februari 2015.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003.