Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Pengembangan Keterampilan Memberi pada Peserta Didik: Sebuah Kajian untuk Memperluas Kapasitas Kegiatan Pembelajaran

Irene Nusanti
Submitted
Feb 12, 2016
Published
Aug 12, 2015
PDF
Citation
Nusanti, I. (2015). Pengembangan Keterampilan Memberi pada Peserta Didik: Sebuah Kajian untuk Memperluas Kapasitas Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(2), 193–206. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i2.186
Abstract

The purpose of this article is to describe the capacity of teaching and learning activity in cultivating the concept of giving and providing students with an understanding of a lifestyle of giving and in enabling students to practice skills of giving and develop a lifestyle of giving. This study of skills in giving was conducted by studying a number of teaching and learning theories as well as theories of self-development and character building through habituation to improve students’ quality of life. The study of theories on teaching and learning activity revealed that through giving students learn how to improve their quality of life. The study of theories on self-development and character building revealed that what a student does every day in teaching and learning activities will form them into givers, not takers. The conclusion of this study is that skills in giving can be cultivated and practiced, thus enabling students to have a lifestyle of giving.



ABSTRAK

 

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengembangan kapasitas kegiatan pembelajaran dengan menanamkan konsep keterampilan memberi agar peserta didik memahami gaya hidup memberi dan dengan mempraktekkan keterampilan memberi agar peserta didik memiliki gaya hidup memberi. Pengkajian terhadap keterampilan memberi dilaksanakan dengan mempelajari berbagai referensi tentang teori-teori belajar dan juga hal-hal yang terkait dengan pengembangan diri dan pembentukan karakter. Kajian terhadap referensi tentang teori belajar menunjukkan bahwa melalui memberi, peserta didik belajar meningkatkan kualitas hidup. Kajian terhadap referensi tentang pengembangan diri dan pembentukan karakter menunjukkan bahwa apa yang dilakukan sehari-hari dalam kegiatan belajar mengajar akan membentuk peserta didik menjadi seorang giver, bukan seorang taker. Berdasarkan kajian tersebut disimpulkan bahwa keterampilan memberi dapat digunakan untuk mengembangkan kapasitas kegiatan pembelajaran dengan menanamkan pada peserta didik dan mempraktekkannya sehingga peserta didik memiliki gaya hidup memberi.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 2115
Downloads : 621
References
Abduljabar, B. 2014. Memperkokoh Pendidikan Karakter melalui Mediasi Aktivitas Jasmani Berbasis Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, Februari 2014, IV(3).
Dimyati. 2014. Kemampuan Guru Pendidikan Jasmani dalam Menyusun Rencana dan Praktik Pembelajaran Bervisi Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Oktober 2014, IV(3).
Jamal, A & Mc. Kinnon, H. 2009. The Power of Giving. New York: Penguin Group.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta.
Marzuki. 2012. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter. Februari 2012, II(1).
Maxwell, J. 2009. How Successful People Think. New York: Hatchette Book Group.
Maxwell, 2010. Everyone Communicates, Few Connect. Nashville: Thomas Nelson.
Maxwell, J. 2013. How Successful People Lead. New York: Hatchette Book Group.
Maxwell, J. 2014a. How Successful People Grow. New York: Hatchette Book Group.
Maxwell, J. 2014b. Buat Hari ini Bermakna (Terj. Marlene T). Jakarta: MIC Publishing.
Meyer, Joyce. 1995. Battlefield of the Mind. New York: FaithWords.
Meyer, Joyce. 2008. Start Your New Life Today. New York: FaithWords.
Meyer, J. 2009. Never Give Up. New York: Faith Words.
Meyer, J. 2010a. Eat the Cookies, Buy the Shoes. New York: Faithwords.
Meyer, J. 2010b. Power Thought. New York: Faithwords, Hatchette Book Group.
Meyer, J. 2011. Living beyond Your Feeling. New York: Faith Words.
Meyer, J. 2013. Making Good Habits. New York: Faith Words, Hatchette Book Group.
Meyer, J. 2014. Get Your Hopes Up. New York: Faith Words, Hatchette Book Group.
Miftah, M.2013. Pengembangan Karakter Anak melalui Pembelajaran Ilmu sosial. Jurnal Pendidikan Karakter. Juni 2013, III(2).
Mutaqin. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Berbasis Projek untuk Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Karakter, Juni 2014, IV(3).
Ng, Pak Tee. 2005a. The Learning School. Singapore: Pearson.
Ng, Pak Tee. 2005b. Grow Me. Singapore: Pearson.
Ningrum, A. S. B. 2012. Teaching Extensive Reading Program with Character Building Theme: from zero to hero. Jurnal Pendidikan Karakter. Februari 2012, II(3).
Osteen, J. 2011. Everyday a Friday. New York: Faith Words.
Osteen, J. 2012. I Declare. New York: Hatchette Book Group.
Osteen, John. 2013. Living in the Abundance of God. New York: Faith Words.
Setiawan, A. K. 2012. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Berbasis Interkkultural.
Jurnal Pendidikan Karakter. Oktober 2011, I(1).
Setiawan, D. 2013. Peran Pendidikan Karakter dalam Mengembangan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter. Februari 2013, III(1).
Sindo. 26 April 2011. Liputan Khusus Pendidikan.
Suranto, AW. 2014. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Mata Kuliah Komunikasi Interpersonal. Jurnal Pendidikan Karakter, Oktober 2014, IV(3).
Suwarna & Jatirahayu, W. 2013. Pembelajaran Karakter yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Karakter. Oktober 2013, III(3).
Widarto. 2012. Model Pembelajaran Soft Skill pada Pendidikan Vokasi Bidang Manufacture.
Disertasi. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, tidak dipublikassikan.