Abrams, M.H. 1976. The Mirror and the Lamp: Romantic Theory and the Critical Tradition. Oxford: Oxford University Press.
Anwar, C. 1985a. Kepada Peminta-Minta. Dalam Chairil Anwar: Aku Ini Binatang Jalang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Anwar, C. 1985b. Doa. Dalam Chairil Anwar: Aku Ini Binatang Jalang. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Agung, I., Nadiroh, S., & Rumtini. 2011. Pendidikan Membangun Karakter Bangsa. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Arafik, M. 2011. Pembelajaran Sastra Anak untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Budi Pekerti Siswa Sekolah Dasar. Dalam Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Darniyati Z. (Ed.). Yogyakarta: UNY Press.
Basino, T. 1997. Dari Lembah ke Choolibah. Jakarta: Grasindo.
Bisri, H.A.M. 2008. Negeriku. Dalam Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Darma, B. 2004. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan.
Dewi, L.K. 26 Agustus 2007. Maling. Republika, hlm. 8.
Dini, Nh. 6 Maret 2005. Ajaran Kehidupan Seorang Nenek. Kompas, hlm. 8.
Effendi, S. 1982. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakarta: Pustaka Jaya.
Effendy, C. 2014. Peran Sastra dan Bahasa Melayu dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Jentera, III (3), hlm. 27â€â€30.
Fananie, Z. 2000. Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Fat. 2013. Buku Kurikulum 2013, JPNN Mobile, 2 September 2013.
Gani, R. 1988. Respons dan Analisis. Jakarta: Dian Dinamika Press.
Handayani, E.F. 2003. Area X. Bandung: Mizan. Indonesia Heritage Foundation. Pendidikan Holistik Berbasis Karakter untuk TK dan SD, http://www.scribd.com/doc/606171777/Proposal/scribd. diakses tanggal 8 Maret 2011.
Jubrohim, ed. 1994. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: FBPS IKIP Muhammadiyah.
Kahfi, T.R. 2008. Cinta untuk Divan. Dalam Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Kleden, I. 1996. Pergeseran Nilai Moral, Perkembangan Kesenian, dan Perubahan Sosial. Kalam. Edisi Ke-8. Jakarta.
Kuntowijoyo. 2002. Pasar. Yogyakarta: Benteng Budaya.
Megawangi, R. 2007. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.
Mu’in, F. 2011. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik: Urgensi Progresif dan Revitalisasi Peran Guru dan Orang Tua. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mumpuniarti. 2012. Pembelajaran Nilai Keberagaman dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan Karakter, LPMM UNY, II (3), hlm. 1-25.
Nurgiyantoro, B. 2005. Teori Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurjaman, A. 2006. Pembelajaran Sastra di Sekolah dalam Membentuk Insan yang Peka terhadap Etika dan Estetika. Bogor: Universitas Pakuan.
Octaria, L. Ibi S., Mukti A., Roland G., & Ahmad H. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta: Rumah Kitab.
Rahardi, R. 1983. Sajak Transmigrasi II. Dalam Soempah WTS. Jakarta: Puisi Indonesia.
Rahardiyanto, D. 6 Juli 2002. Kereta Raksasa. Kakilangit Horison, hlm. 29-31.
Rais, S. 2008. Sandal Jepit. Dalam Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Ratna, N.K. 2011. Teori, Metode, dan Teknik Penulisan Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Reeves, J. 1972. Teaching Poetry. London: Heineman.
Rendra, W.S. 1978a. Dengan Kasih Sayang. Dalam Empat Kumpulan Sajak. Jakarta: Pustaka Jaya.
Rendra, W.S. 1978b. Lagu Seorang Gerilya. Dalam Potret Pembangunan dalam Puisi. Jakarta: Lingkaran Mitra.
Riantiarno, N. 2000. Sampek Engtay. Jakarta: Pustaka Jaya.
Riantiarno. N. 2002. Semar Gugat. Yogyakarta: Pustaka Bentang.
Rusyana, Y. 1982. Metode Pengajaran Sastra. Bandung: Gunung Larang.
Sarwadi. 1994. Pengantar Pengajaran Sastra. Dalam Jabrohim (Ed.). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Satoto, S. 1998. Tokoh dan Penokohan dalam Caturlogi Drama ‘Orkes Madun’ Karya Arifin C.
Noer. Disertasi (tidak dipublikasikan). Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia.
Sayuti, S.A. 1994. Pengantar Pengajaran Puisi. Dalam Jabrohim (Ed.). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Somad, A.A., Aminudin, & Yudi, I. 2008. Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas XI SMA/MA Program IPA dan IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sontani, U.T. 1962. Bunga Rumah Makan. Bandung: Kiwari.
Sudjiman, P. 1990. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.
Suharianto. 1981. Membina Para Calon Pembina Apresiasi Sastra. Yogyakarta: FKSS IKIP Yogyakarta.
Sulastri, E. 2008. Hipnotis. Dalam Bahasa dan Sastra untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Suryapermana, S. 1994. Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi. Dalam Bahasa dan Sastra untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikam Nasional.
Sylado, R. 2001. Cau Bau Kan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Tarigan, H. G. 1995. Dasar-Dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa.
Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Tim Penyusun Kamus Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Utami, S., Sugiarti, S., & Alexander, S. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Yaman. 1994. Menanam Pohon-Pohon Akasia. Dalam F. Rahardi (Ed.). Cerita dari Hutan Bakau. Jakarta: Pustaka Sastra.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.