Berk, L. E., Pasek, H. K., Golinkoff, R. M., & Singer, D. G. (2009). A Mandate for playful learning in preschool presenting the evidence. Oxford: Oxford University Press.
Brewer, J. A. (2007). Introduction to ealry childhood education: Preschool through primary grades. 6th Edition. New York : Pearson Education.
Dhayanaputri, S., Hartini, N. S., & Kristina, S. A. (2011). Persepsi ibu guru dan tenaga kesehatan tentang obesitas pada anak taman kanak-kanak. Jurnal Berita Kedokteran Masyarakat, 27(1), 32–40.
Diyenti, A. K. & Suryana, D. (2013). Model pembelajaran tematik anak usia dini dalam Kurikulum 2013. Academia Edu. https://www.academia.edu/36812483/MODEL_PEMBELAJARAN_TEMATIK_ANAK_USIA_DINI_DALAM_KURIKULUM_201.
Erviana, Y. (2018). Centered learning approach sebagai media pengembangan kecerdasan jamak anak usia dini. Jurnal Paramurobu, 1(2), 119-33.
Estiwi, E., Raharjo, T. J., & Syamwil, R. (2015). Pengembangan model pembelajaran tematik berbasis discovery learning untuk memperkenalkan konsep sains pada anak TK B. Journal of Primary Education, 4(2), 124–131.
Eviana, Thamrin, M., & Ali, M. (2015). Pelaksanaan pembelajaran tematik pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 4(5), 1–11. https://www.neliti.com/id/publications/216410/pelaksanaan-pembelajaran-tematik-pada-anak-usia-5-6-tahun.
Faris, A. & Lestari, A. F. (2016). Anak usia dini. Teknik Komputer, 2(1), 59–67.
Freeman, R. & Swim, T. (2009). Intellectual integrity: Examining common rituals in early childhood curriculum. Contemporary Issues in Early Childhood, 10(4), 366–377. https://doi.org/10.2304/ciec.2009.10.4.366.
Fu, Y. & Sibert, S. (2017). Teachers’ perspectives: Factors that impact implementation of integrated curriculum in K-3 classrooms. International Journal of Instruction, 10(1), 169–186. https://doi.org/10.12973/iji.2017.10111a.
Hasibuan, S. C., Milfayetty, S., & Mursyid, R. M. (2019). Development of child worksheets based on the story as subtheme “My Body†to improve students’ speaking abilities at Al-Ikhlas Early Childhood Education and Development (ECED) Medan Amplas. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 539–546. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.535.
Indrilla, N. (2018). The effectiveness of scientific approach and contextual teaching and learning approach in teaching writing. Lingua Cultura, 12(4), 405. https://doi.org/10.21512/lc.v12i4.4452.
Istiqomah, L. N. & Kristanto, A. (2015). Pembelajaran menggunakan benda konkret yang berada di sekitar anak untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak Kelompok A. PAUD Teratai, 4(2), 4–6.
John, Y. J. (2015). A “new†thematic, integrated curriculum for primary schools of Trinidad and Tobago: A paradigm shift. International Journal of Higher Education, 4(3), 172–187. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n3p172.
Joni. (2009). Pembelajaran tematik pada pendidikan anak usia dini. Jurnal At-Ta’dib, 4(1), 35–49.
Kadarwati, A. & Malawi, I. (2017). Pembelajaran tematik: (Konsep dan aplikasi). Magetan: CV. Ae Media Grafika.
Kumar, L. R. & Sethuraman, K. R. (2013). Differential preference for teaching methods among superficial and deep learners in a medical school in Malaysia. South-East Asian Journal of Medical Education, 7(1), 2-7. https://doi.org/10.4038/seajme.v7i1.143.
Mawarda & Syaichudin. (2012). Penerapan model pembelajaran tematik dalam menstimulasi kemampuan berbicara pada anak kelompok B Di Tk Wisma Indah Kecamatan Kedungwaru Tulungagung. Penerapan Model Pembelajaran Tematika, 01(01), 1–4.
Mirghani, H. M., Ezimokhai, M., Shaban, S., & van Berkel, H. J. M. (2014). Superficial and deep learning approaches among medical students in an interdisciplinary integrated curriculum. Education for Health: Change in Learning and Practice, 27(1), 10–14. https://doi.org/10.4103/1357-6283.134293.
Moleong. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. (Ed.Rev). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Muliarta, I. K. (2018). Menerjemahkan perubahan dari TCL (Teacher Learning Center) ke SCL (Student Center Learning). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(9), 76–86.
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Depok : Prenada Media.
Putri, C. E., Henilah, E. Y., & Surahman, M. (2017). Pembelajaran ilmiah bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak PG-PAUD FKIP Lampung, 3(2), 6–9.
Rahardjo, M. M. (2019). Implementasi pendekatan saintifik sebagai pembentuk keterampilan proses sains anak usia dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159.
Resiani, A., Risyak, B., & Surahman, M. (2015). Persepsi guru PAUD dalam merancang media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak PG-PAUD FKIP Universitas Lampung, 1(6), 1–8.
Sari, A., Baharuddin, B., & Sasmiati, S. (2015). Pemahaman guru dalam pembelajaran tematik anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(6). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/10751.
Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutjipto, S. (2018). Pandangan guru dalam pengembangan kurikulum pendidikan khusus. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 73-98. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.656.
Trianto. (2011). Desain pengembangan pembelajaran tematik bagi anak usia dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Utina, U. T. (2009). Pembelajaran tari berkonteks tematik berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi Di Tk Pembina Singorojo Kabupaten Kendal. Harmonia - Journal of Arts Research and Education, 9(1), 3–6. https://doi.org/10.15294/harmonia.v9i1.675.
Widayanti, M. D. (2016). Peningkatan kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret pada kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 219–228.
Wood, E. & Hedges, H. (2016). Curriculum in early childhood education: Critical questions about content, coherence, and control. Curriculum Journal, 27(3), 387–405. https://doi.org/10.1080/09585176.2015.1129981.
Yolanda, E. & Suryana, D. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Preprints. https://www.researchgate.net/publication/326132196_PENDEKATAN_PEMBELAJARAN_SAINTIFIK_DALAM_KURIKULUM_2013_PENDIDIKAN_ANAK_USIA_DINI.