Abidin, A.A. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan tinggi dalam upaya peningkatan mutu (Studi kasus pada perguruan tinggi swasta menengah di Surabaya). Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 87–99.
Aedi, N. (2014). Pengawasan pendidikan: Tinjauan, teori dan praktik. Jakarta: Rajawali Press.
Syahbana, A. (2013). Pembangunan sistem informasi administrasi pembayaran siswa madrasah aliyah Ma’arif Pacitan. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 5(3), 63–68. https://doi.org/10.3112/speed.v4i4.1099.
Arifin, M. (2016). Manajemen keuangan pondok pesantren. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 4(2). https://doi.org/10.32806/jf.v4i2.2745.
As’ad, A. & Azizi, M.H. (2020). Pengembangan manajemen keuangan Pesantren Balekambang Jepara dan Amsilati Darul Falah Bangsri Jepara di era digital. Jurnal Tarbawi, 17(1), 17–30.
Astrawan, K.P., Wahyuni, M.A., & Herawati, N.T. (2016). Pengaruh sistem informasi akuntansi, kapasitas sumber daya manusia, pengendalian intern, dan pengawasan keuangan pemerintah daerah terhadap ketepatwaktuan pelaporan keuangan pemerintah daerah pada SKPD Kabupaten Buleleng. JIMAK (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 6(3). https://doi.org/10.23887/jimat.v6i3.9046
Barlian, U.C. (2016). Kebijakan pengelolaan dana pendidikan tingkat sekolah dalam konteks otonomi daerah. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 3(2), 69–86. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.18.
Bodnar, G.H. & Hopwood, W.S. (2012). Accounting information systems. Franklin Lakes-USA: Pearson Education.
Creswell, J.W. (2012). Educational research: Planning, conducting and evaluating quantitative and qualitative research. New Jersey: Pearson Education Inc.
Darmawati, Djailani, & Idris, J. (2014). Pelaksanaan manajemen keuangan di IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(2), 81–98.
Djupri, M. (2017). Model manajemen pembiayaan pendidikan menuju SBI di SMPN 2 Rembang. Journal of Economic Education, 6(2), 114–123.
Dwiharja, L.M. & Kurrohman, T. (2017). Pengaruh akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) terhadap partisipasi komite sekolah (Studi empiris pada sekolah dasar negeri se-Kecamatan Patrang Kabupaten Jember). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 1(3), 182-194. https://doi.org/10.17509/jrak.v1i3.6696.
Erinawati, H.D. (2012). Pembangunan sistem informasi pembayaran sekolah pada sekolah menegah atas (SMA) Negeri 1 Rembang berbasis web. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(4), 40–46.
Fadil, M. Al. (2019). Kebijakan pembiayaan pendidikan di Pesantren DT Bandung. Wawancara. 25 Februari 2019, Kantor Direktur Pendidikan Pesantren DT Bandung.
Fahrurrozi. (2012). Manajemen keuangan madrasah. Media Pendidikan (Jurnal Pendidikan Keagamaan), XVII(2), 223–238.
Farhurohman, O. (2017). Faktor kunci keberhasilan komponen penyusunan manajemen perencanaan strategis sekolah. TARBAWY: Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 77–89.
Fattah, N. (2012). Ekonomi dan pembiayaan pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ferdi, W. (2013). Pembiayaan pendidikan: suatu kajian teoritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 565–578.
Gamar, N. & Djamhuri, A. (2015). Auditor internal sebagai “Dokter†Fraud di pemerintah daerah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 107–123. https://doi.org/10.18202/jamal.2015.04.6009.
Haryati, S. (2012). Pengembangan model manajemen pembiayaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Kota Magelang. Journal of Economic Education, 1(1), 65–70.
Hasan, A. & Arif, M. (2019). Manajemen pembiayaan: Studi implementasi di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 73–92.
Hasanudin, A. (2018). “Kebijakan pembiayaan pendidikan di Pesantren Modern Sahid Bogor†Wawancara. 10 Desember 2018, Gedung Balai Walisanga VI (Kantor Sekretariat Pesantren) Pesantren Modern Sahid Bogor.
Juwita, R. (2013). Pengaruh implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan dan Sistem Informasi Akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan. TRIKONOMIKA, 12(2), 201–214. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v12i2.480.
Khairunnisa, N., Rasuli, M., & Ratnawati, V. (2016). Peran Satuan Pengawasan Internal dan dewan pengawas terhadap terwujudnya good university governance dengan control environment dan audit risk sebagai variabel moderating (Studi empiris pada perguruan tinggi SATKER Badan Layanan Umum di Indonesia). Jurnal Ekonomi, 24(3), 107–123. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/5933.
Kisbiyanto. (2014). Pengefektifan manajemen pembiayaan pendidikan. Elementary, 2(1), 143–161.
Komariah, A. & Engkoswara. (2012). Administrasi pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Komariah, A. & Triatna, C. (2014). Visionary leadership menuju sekolah efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Komariah, N. (2018). Konsep manajemen keuangan pendidikan. Jurnal Al-Afkar, VI(1), 67–94.
Kurnia, K. & Sule, E.T. (2017). Pengaruh supervisi dan kepuasan kerja terhadap tindakan yang menurunkan kualitas audit. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 19(1), 1-23. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2015.v19.i1.1757
Kurniady, D.A. (2012). Efektivitas dan efisiensi pembiayaan pendidikan pada sekolah dasar di Kabupaten Bandung (study deskriptif penggunaan dana BOS pada sekolah dasar di Kabupaten Bandung). Jurnal Administrasi Pendidikan, XIV(1), 174–181.
Kusuma, I.H. (2016). Manajemen pendidikan di era global. Jurnal Pendidikan Penabur, 06(V), 75–86.
Lestari, M.I. (2019). Sistem pengelolaan keuangan program pendidikan gratis di pesantren. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 3(3), 115–123. https://doi.org/10.17977/um025v3i32019p115.
Lunenburg, F.C. (2010). Financial controls: a safeguard against misuse of public funds. National Forum of Educational Administration & Supervision Journal, 27(4), 1–3.
Mahayuni, N.P.S., Yuniarta, G.A., & Julianto, I.P. (2017). Pengaruh pemanfaatan sistem informasi akuntansi keuangan daerah dan pengawasan keuangan daerah terhadap transparansi pelaporan keuangan daerah dan akuntabilitas pemerintah daerah pada satuan kerja pemerintah daerah Kabupaten Karangasem. JIMAK (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 8(2). https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.13454.
Mahiri, E.A. (2016). Pengaruh pendelegasian wewenang dan komitmen organisasi terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka. MAKSI Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 3(1), 1–9.
Mas’ut & Masrura, A. (2018). Pengaruh penerapan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Akuntabilitas Pendapatan Pajak Daerah di Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Kota Medan. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma, 5(1), 29–37.
Matin. (2014). Manajemen pembiayaan pendidikan: konsep dan aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.
Minarti, S. (2011). Manajemen sekolah: mengelola lembaga pendidikan secara mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Muchtar, Z., Ondeng, S., & Wayong, M. (2016). Manajemen pembiayaan operasionnal Pesantren Tahfizul Quran Imam Al-Syaatibi Bontoaadda Gowa. Jurnal Diskursus Islam, 04(3), 580–600.
Muhaimin, Suti’ah, & Probowo, S.L. (2011). Manajemen pendidikan: Aplikasinya dalam penyusunan rencana pengembangan sekolah/madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Muhajirin. (2012). Pengelolaan pembiayaan pendidikan bersumber dari partisipasi masyarakat. Educational Management, 1(2), 170–175. https://doi.org/10.4324/9780203463383.
Mukhid. (2012). Analisis pembiayaan pendidikan (studi kasus di RSBI SMP Negeri). Journal of Economic Education, 1(1), 13–20.
Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Murdayanti, Y. & Puruwita, D. (2017). Transparency and accountability of financial management in pesantren (Islamic Education Institution). Advanced Science Letters, 23(11), 1–5. https://doi.org/10.1166/asl.2017.10138.
Murtadlo, M. (2016). Strategi pembiayaan pendidikan pada madrasah swasta unggulan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 14(1), 97–116.
Muttaqin, G.F. (2018). Pengaruh pendelegasian wewenang terhadap kinerja organisasi. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 11(2), 159–176. https://doi.org/10.35448/jrat.v11i2.4255.
Nindito, M. (2018). Financial statement fraud: Perspecthe Pentagon Fraud Model in Indonesia. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 22(2), 1–9.
Ningsih, N.H. & Siwi, N.Y. (2019). Pengaruh partisipasi komite sekolah terhadap akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (APBS) pada Sekolah Dasar Se-Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang. Jurnal Akuntanika, 5(2), 143–161.
Nurdiani, M.S. & Nugraha. (2018). Analisis transparansi dan akuntablitias pengelolaan dana sekolah. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 6(1), 49–60. https://doi.org/10.17509/jpak.v6i1.15831.
Nurrizkiana, B., Handayani, L., & Widiastuty, E. (2017). Determinan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dan implikasinya terhadap kepercayaan public-stakeholders. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 18(1), 28–47. https://doi.org/10.18196/jai.18159.
Nurrohim, H. & Anatan, L. (2009). Efektivitas komunikasi dalam organisasi. Jurnal Manajemen Maranatha, 8(2), 1–9.
Pamungkur. (2016). Membangun strategi manajemen peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi total quality management (TQM) (studi pada perguruan tinggi swasta di Kopertis Wilayah XI). http://eprints.undip.ac.id/47605/.
Pradono, F.C. & Basukianto. (2015). Kualitas laporan keuangan pemerintah daerah: Faktor yang mempengaruhi dan implikasi Kebijakan. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 22(2), 188–200.
Prakoso, M.D. & Herlawati. (2017). Sistem informasi pembayaran biaya pendidikan siswa pada SMK Perwira Bekasi Utara. BINA INSANI ICT JOURNAL, 4(1), 95–110.
Priatna, T., Nurhamzah, Ratnasih, T., & Siregar, H.S. (2018). Educational financing management in tarekat-based pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–74. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i1.2337.
Raeni. (2014). Pengaruh prinsip keadilan, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan terhadap produktivitas SMK. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 143–152.
Rahmah, U. (2018). Implementasi Total Quality Management (TQM) di SD Al-Hikmah Surabaya. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–131. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.31-06.
Sakti, A. & Hidayat, A. (2019). Manajemen sumber dana dan alokasi pembiayaan pada pesantren mahasiswa. Jurnal Perspektif, 3(2), 120–133. https://doi.org/10.15575/jp.v3i2.47.
Samsirin. (2015). Konsep manajemen pengawasan dalam pendidikan Islam. At-Ta’dib, 10(2), 341–360.
Setiowati, N.E. (2015). Manajemen pembiayaan pendidikan pondok pesantren dan lembaga pendidikan terpadu Nurushiddiiq Cirebon. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi& Perbankan Sayariah,7(2), 167–189.
Silalahi, U. (2015). Asas-asas manajemen. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sonedi, Jamalie, Z., & Majeri. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan bersumber dari masyarakat: Studi pada MTs Darul Ulum Palangka Raya. Fenomena, 9(1), 25–46.
Subkhan. (2012). Peranan kyai dalam manajemen pembiayaan pendidikan di Pondok Pesantren Asma’ Chusna Kranji Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Jounal of Economic Education, 1(1), 78–83.
Suharsaputra, U. (2013). Administrasi pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sule, E.T. & Saefullah, K. (2015). Pengantar manajemen. Jakarta: Prenada Group.
Suprihno. (2016). Pembiayaan pendidikan madrasah (Studi kasus pada MI Arrosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung). Edukasi; Jurnal Pendidikan Islam, 04(01), 26–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.5281/e-journal.v4i1.189.
Supriyanto, B. (2013). Peran serta komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan. Educational Management, 2(1), 125–129.
Syahrul, S. (2013). Penelitian sebagai instrumen perbaikan kualitas kinerja organisasi pendidikan secara berkelanjutan (continuous improvement). Al-Ta’dib, 6(1), 150–163.
Syarif, A. (2014). Peranan komunikasi dalam kepemimpinan. Jurnal Al-Ishlah, 6(3). https://jurnalalishlah.wordpress.com/2014/09/06/peranan-komunikasi-dalam-kepemimpinan/
Tazkiyyaturrohmah, R. (2018). Eksistensi uang elektronik sebagai alat transaksi keuangan modern. Muslim Heritage, 3(1), 21-39. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v3i1.1240.
Wahyudin, A., Cahyaningdyah, D., & Baroroh, N. (2014). Penguatan Sistem Pengendalian Intern (SPI) sebagai upaya meminimalisir praktek tidak sehat dalam tata kelola keuangan koperasi. Rekayasa, 12(2), 132–140.
Warren, C.S., Reeve, J.M., & Duchac, J.E. (2012). Accounting. Mason-USA: South-Western Cengage Learning.
Yahya, F.A. (2015). Problem manajemen pesantren, sekolah dan madrasah: Problem mutu dan kualitas input-proses-output. El-Tarbawi, 8(1), 93–109. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art6.
Yunas, M. (2014). Financial management for improving efficiency of schools : Issues and concerns. International Journal of Education and Social Science, 1(1), 49–59.
Yuniarti, R.D. (2017). The effect of internal control and anti-fraud awareness on fraud prevention (A survey on inter-governmental organizations). Journal of Economics,Business, and Accountancy Ventura, 20(1), 113–124.
https://doi.org/10.14414/jebav.v20i1.626.
Zulfah, I., Wahyuni, S., & Nurfaza, A. (2017). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pada SKPD Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Akuntansi dan Pembangunan, 3(2), 46–57.