Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

TINGKAT PEMAHAMAN KEPALA SEKOLAH, GURU, DAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR

Arsyad Djamaluddin Palettei
Wahyu Bagja Sulfemi
Yusfitriadi
Submitted
May 10, 2020
Published
Jun 24, 2021
PDF
Citation
Palettei, A. D., Sulfemi, W. B. ., & Yusfitriadi. (2021). TINGKAT PEMAHAMAN KEPALA SEKOLAH, GURU, DAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 38–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1592
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman kepala sekolah, guru, dan komite sekolah terhadap implementasi standar pengelolaan pendidikan pada satuan pendidikan dasar dan menengah, khususnya di Sekolah Dasar Negeri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari Sekolah Dasar Negeri yang terakreditasi A dan B pada daerah perkotaan di delapan kabupaten/kota di Jawa Barat, dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Data primer dalam penelitian ini adalah pengetahuan kepala sekolah, guru, dan komite sekolah terhadap standar
pengelolaan pendidikan, sedangkan data skunder adalah dokumen instrumen implementasi standar pengelolaan pendidikan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, pertama pemahaman kepala sekolah dan guru terhadap regulasi standar pengelolaan pendidikan tergolong cukup paham, sementara komite sekolah memiliki pemahaman terhadap regulasi standar pengelolaan pendidikan tergolong kurang. Kedua, berdasarkan hasil analisis data, kepala sekolah dan guru menganggap implementasi tata kelola sekolah tergolong cukup sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan, sementara menurut komite sekolah implementasi tata kelola sekolah tergolong kurang. Dengan demikian, faktor utama implementasi tata kelola sekolah adalah pemahaman individu warga
sekolah yang harus tepat terhadap standar pengelolaan pendidikan, hal apa saja yang termasuk dalam standar pengelolaan pendidikan, bagaimana perannya dalam implementasi, dan bagaimana dampaknya apabila tata kelola sekolah tidak berjalan sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan.


This study aims to determine the level of understanding of school principals, teachers, and committees as if in the implementation of education management standards by primary and secondary education units, especially in public elementary schools. This research uses a descriptive quantitative method. The data were obtained from accredited A and B elementary schools in urban areas in eight districts/cities in West Java, with the sampling technique using purposive sampling. The primary data in this study were the knowledge of school principals, teachers, and school committees of education management standards, while secondary data were documents of the implementation of education management standards. Data analysis using descriptive statistics. The results showed, firstly that the understanding of school principals and teachers of education management standard regulations was quite understanding, while the school committee had a lack of understanding of the education management standard regulations, secondly based on the results of data analysis that, principals and teachers considered the implementation of school governance. the category was sufficient according to the education management standard, while according to the school committee, the implementation of school governance was in the poor category. Thus, the main factor in the implementation of school governance is the understanding of individual school members who must be precise with the education management standards, in what is this, the education management standards, and how they play a role in its implementation, as well as the impact of school governance, does not run according to management standards. 

Keywords
pengelolaan sekolah standar pengelolaan pendidikan sekolah dasar school governance education management standard public elementary school
Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 2805
Downloads : 2066
References
Alawiyah, F. (2018). Problematika tata kelola guru dalam implementasi undang-undang guru dan dosen. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(1),118–140. https://doi.org/https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i1.1011.
Arsyad, A. & Salahudin, S. (2018). Hubungan kemampuan membaca Al Qur’an dan minat belajar siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 179–190. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.476.
Yusuf, M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.
Badarudin, B. (2019). Peran kepala sekolah dasar dalam mempersiapkan sumber daya pendidik menghadapi implementasi Kurikulum 2013. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 74–84. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3945.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudaayaan. (2018). Distribusi Sub Indikator Standar Pengelolaan di SD. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud RI.
Kementerian Pendidikan dan Kebudaayaan. (2018). Indeks Mutu Sekolah Dasar Beberapa Propinsi. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud RI.
Mistrianingsih, S., Imron, A., & Nurabadi, A. (2016). Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5), 367-375. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/Jurnal-Manajemen-Pendidikan-volume-24-no.-5.pdf#page=15.
Palettei, D.A. & Sulfemi, W.B. (2019). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan kemampuan menulis karya ilmiah. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 53-58. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522.
Priatna, A. (2018). Manajemen pengembangan mutu sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 80–90. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11575
Raharjo, S.B., Yuliana, L., & Yudha, Y.H. (2018). Capaian standar nasional pendidikan sebagai prediktor mutu sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 129–140.
Sukaningtyas, D., Satori, D., & Sa’ud, U. S. (2017). Pengembangan Kapasitas Manajemen Sekolah dalam Membangun Pemahaman Visi dan Misi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 101–107. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.11844.
Sudjiono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantittif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulfemi, W.B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157–179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557.
Sulfemi, W. B. & Kamalia, Y. (2020). Jigsaw Cooperative Learning Model Using Audiovisual Media to Improve Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 30–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v6i1.4919.g5063.
Sulfemi, W. B. & Mayasari, N. (2019). The Use of Audio Visual Media in Value Clarification Technique to Improve Student Learning Outcomes in Social Studies. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.235.2019.
Sulfemi, W. B. & Yuliani, N. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970.
Yuliana, L. & Raharjo, S. B. (2019). Ketercapaian Standar Nasional Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 197. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i2.1457.