Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar

Indrati Endang Mulyaningsih
Submitted
Apr 20, 2015
Published
Dec 18, 2014
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156
Abstract

The purpose of this study was to determine empirically the influence of social interaction of family, achievement motivation and independent learning on students’ achievement at SMK Negeri 5 Surakarta. This study used quantitative approach and descriptive correlational method. The population in this study were students of SMK Negeri 5 Surakarta. Multiple regression analysis was used to analyze the hypothesis of major and minor. It can be concluded that:1) There is a significant family social interaction, achievement motivation, and independence of learning together with student achievement; 2) There is a significant association of social interaction families with student achievement; 3) There is a significant relationship with achievement motivation, student achievement, and 4) There is a significant relationship with the independent study student achievement.

 

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian adalah untuk menentukan pengaruh interaksi sosial keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa SMK Negeri 5 Surakarta. Untuk menganalisis hipotesis utama dan tambahan menggunakan analisis regresi ganda. Kesimpulan yaitu: 1) ada pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial dalam keluarga, motivasi belajar, dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa; 2) ada pengaruh yang signifikan interaksi sosial dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa; 3) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dan 4) ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 12712
Downloads : 14012
References
Ahmadi, A. 2006. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2006. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Casanova, Pedro F., Manuel, J de la Torre, & M dela Villa Carpio. 2005. “Influence of Family and Socio-Demographic Variables on Students with Low Academic Achievement. Educational Psychology.24 (4) hlm 423-435.
Cole, P. G. 2004. Teaching Principles and Practice. Sydney: Prestice Hall.
Dokumen Nilai Ujian Tingkat Sekolah dan Ujian Nasional Tahun 2011 SMK Negeri 5 Surakarta.
Efendy, O. U. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Gerungan, W.A. 2006. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco.
Gunarso, S..D. 1985. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta, Gunung Mulia.
Hamalik, O. 2008. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Maltby, F. S., Gage NL, Berliner, D., & David C. 2005. Educational Psychology: an Australia and New Zealand Perspectiv. Brisbane: Jhon Willey & Sons.
Mar’at. 2008. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Bandung: Ghalia Indonesia.
Martaniah, S. M. 2006. Motif Sosial. Yogyakarta: UGM Press.
Panen, P. 2006. Belajar Mandiri (Mengajar di Perguruan Tinggi). Jakarta: PAU-PPAI, Dirjen Dikti, Depdikbud.
Purwanto, N. M. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rajni, D., & Sarika, M. 2009. “Academic Performance of Children as a Function of Interaction with Parents and Teachers”. J Soc Sci, 18(1), hlm 59-64.
Ratnawati & Sinambela, F. E. 2000. Hubungan antara Persepsi Anak terhadap Suasana Keluarga, Citra Diri, dan Motif Berprestasi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Ta’miriyah Surabaya. Anima. XI (42) hlm. 202-227.
Sabri, A. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Said, A. M., Rusdi, & Muhammad Y. 2008. English Instruction in UIN Alauddin: A Case Study of PIKHI Program. Makassar: Lembaga Penelitian UIN Alauddin.
Sardiman, A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shapiro, L. E. 2003. Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Alih bahasa: Alex Tri Kantjono. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Shih, C-C. & Gamon, J. 2001. “Web-Based Learning: Relationships Among Student Motivation, Attitude, Learning Styles, and Achievement”. Journal of Agricultural Education. 12 Volume 42, Issue 4, 2001. pp.12-20.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soerjono, S. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
Stein, S.J., & Book, H.E. 2002. Ledakan EQ: 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses. Alih bahasa: Trinanda Rainy Januarsari, Yudhi Murtanto. Bandung: Kaifa.
Sudjana, N. 2006. Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Tahar, I. & Enceng. 2006. “Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh”. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 7 hlm. 91-101.
Tella, A. 2007. “The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Students in Nigeria” Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 3(2) hlm 149-156.
Utomo, J. 2007. Membangun Harga Diri. Jakarta: Gramedia.
Walgito, B. 2008. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta. Gramedia.
Yaumi, M. 2005 “Kurikulum Berbasis Kompetensi: Antara Harapan dan Kenyataan”, http://reearchengines.com/1205yaumi.html). Diakses 26 Pebruari 2011.