The purpose of this study was to examine: 1) the implementation of recitation and discussion to improve student’s achievements; and 2) whether the presence of implementation recitation and discussion methods can improve student’s achievements. This study used a class action research design with data collection using observations and field notes and analysis techniques to perform data reduction, inference, the follow-up stage and making conclusions. The results showed the recitation and discussion methods is one of methods that can be used to improve student understanding of a subject. Liveliness of students in the process of discussion can be stimulated through several awards as well as provide additional value for students who are active in the discussion process. This evidence showed by the smoothness in learning, writing, memorizing, and so on. As a result, the students learning process is more efficient. The conclusion of this study is that recitation and discussion methods can improve sophomore students
achievement in nursing program at Galuh University.
ABSTRAK
ÂÂ
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji: 1) bagaimana mengimplementasikan metode diskusi dan resitasi dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa? 2) apakah implementasi metode diskusi dan resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa? Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pengumpulan data yang menggunakan observasi dan catatan lapangan, dan teknik analisis dengan melakukan reduksi data, inferensi, tahap tindak lanjut, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode resitasi dan diskusi merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran suatu mata pelajaran. Metode diskusi dan resitasi dapat menimbulkan keaktifan mahasiswa melalui proses stimulan, antara lain dengan memberikan beberapa penghargaan seperti halnya memberikan nilai tambahan bagi mahasiswa yang aktif dalam proses diskusi. Hal ini terbukti dengan timbulnya beberapa indikator seperti kelancaran dalam belajar, menulis, menghafal, dan sebagainya sehingga proses kegiatan belajar-mengajar lebih efisien. Simpulan dari penelitian ini adalah metode resitasi dan diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Galuh.