Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Penerapan Metode Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Galuh

Daniel Akbar Wibowo
Yoni Hermawan
Submitted
Apr 20, 2015
Published
Sep 30, 2014
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Wibowo, D. A., & Hermawan, Y. (2014). Penerapan Metode Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Galuh. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(3), 328–339. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i3.147
Abstract

The purpose of this study was to examine: 1) the implementation of recitation and discussion to improve student’s achievements; and 2) whether the presence of implementation recitation and discussion methods can improve student’s achievements. This study used a class action research design with data collection using observations and field notes and analysis techniques to perform data reduction, inference, the follow-up stage and making conclusions. The results showed the recitation and discussion methods is one of methods that can be used to improve student understanding of a subject. Liveliness of students in the process of discussion can be stimulated through several awards as well as provide additional value for students who are active in the discussion process. This evidence showed by the smoothness in learning, writing, memorizing, and so on. As a result, the students learning process is more efficient. The conclusion of this study is that recitation and discussion methods can improve sophomore students
achievement in nursing program at Galuh University.


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji: 1) bagaimana mengimplementasikan metode diskusi dan resitasi dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa? 2) apakah implementasi metode diskusi dan resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa? Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pengumpulan data yang menggunakan observasi dan catatan lapangan, dan teknik analisis dengan melakukan reduksi data, inferensi, tahap tindak lanjut, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode resitasi dan diskusi merupakan metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran suatu mata pelajaran. Metode diskusi dan resitasi dapat menimbulkan keaktifan mahasiswa melalui proses stimulan, antara lain dengan memberikan beberapa penghargaan seperti halnya memberikan nilai tambahan bagi mahasiswa yang aktif dalam proses diskusi. Hal ini terbukti dengan timbulnya beberapa indikator seperti kelancaran dalam belajar, menulis, menghafal, dan sebagainya sehingga proses kegiatan belajar-mengajar lebih efisien. Simpulan dari penelitian ini adalah metode resitasi dan diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Galuh.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 1723
Downloads : 1444
References
Arikunto, S. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
Anonim, 1991. Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fak. Kedokteran UI. Buku Ajar Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta: FKUI
Ardana, W. 1980. Beberapa Metode Statistik untuk Keperluan Penelitian Pendidikan. Malang: Swadaya.
Bahri, S dan Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: UN.
Combs, A. W. 1984. The Professional Education of Teachers. Boston: Allin and Bacon, Inc.
Djamarah dan Bahri S. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, O. 1999. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hasibuan, J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remandja Karya.
Hasibuan, J.J. dan Sulthoni. 2004. Kemampuan Dasar Mengajar. Departemen Pendidikan-Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan.
Hertali. 2012. Pengaruh Pembelajaran Model Resitasi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Kelistrikan Otomotif di SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negri Yogyakarta.
Krisnadi. 2013. Pengaruh Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Sriwulan I Sayung. Skripsi. Semarang: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang (tidak dipublikasikan).
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nata, A. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakara: Kencana.
Roestiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto, T. 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Soeratno dan Arsyat, L. 1988. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Sunaryo. 1999. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: IKIP.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman, M. U. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.