Ardan, Rachman. 2004. The Profile of Upper Integument Lip of Baduy Tribe, and The Nearby Living Sundanese From South Banten, West Java, Indonesia, http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/05/the_profile_of_uil. pdf (diakses tanggal 16 September 2010).
Badan Pusat Statistik. 2009. Persentase Penduduk Buta Huruf menurut Kelompok Umur Tahun 2003-2009, diperoleh dari situs http://www.bps. go.id/tab sub/view.php?tabel=1&daftar=1&id_subyek=28¬ab=37 (diakses tanggal 29 September 2010).
Creswell, W. John. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Sage Publications.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Acuan Penyelenggaraan Program Pendidikan Keaksaraan.
Panduan Umum Pelatihan Program Pendidikan Keaksaraan. Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah, Direktorat Pendidikan Masyarakat.
Departemen Pendidikan Nasional. 2011, Rembug Nasional Kementerian Pendidikan Nasional, Pusdiklat, Depok Bogor, Jawa Barat.
Direktorat Jenderal Pendidikan NonFormal dan Informal. 2007. Siapkan Strategi Kementerian Pendidikan Nasional, http://pnfi.kemdiknas.go.id/publikasi/read/20090113095749/PNFSiapkan-Strategi.html (diakses 10 Februari 2010).
Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2006 tentang Gerakan Nasional Percepatan Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun dan Pemberantasan Buta Aksara (GNPPWBP- PPBA).
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010-2014, Jakarta.
Kompas. 07 Desember 2009. Meski Tak Sekolah Warga Baduy Bisa SMS-an dan Pakai Ponselâ€Â. http://www.kompas.com/read/xml/ 2009/ 12/06/17202511/Meski.Tak.Sekolah.Warga.Baduy.Bisa.SMS-an.dan.Pakai.Ponsel (diakses tanggal 24 September 2010).
Mulyanto, Prihartanti, Nanik, Moordiningsih, 2008. Perilaku Konformitas Masyarakat Baduy. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/650/1/1PERILAKUKONFORMITAS-Baduy.doc (diakses tanggal 5 Oktober 2010).
Peraturan Daerah Kabupaten Lebak Nomor 32/2001 tentang Perlindungan atas Hak Ulayat Masyarakat Baduy.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 3 Tahun 2008 tentang Standar Proses Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Program Paket B, Program Paket C.
Rasyid, S. Ahmad, dkk. Reinterpretasi Konsep Pembinaan Masyarakat Terasing Menuju Konsep Pemberdayaan Berorientasi Kearifan Lokal, Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Vol. 3, No. 2, 2002: 93-106. http://eprints.ums.ac.id/106/1/1._ahmad_sinala.pdf (diakses tanggal 15 September 2010).
Suwaryani, Nanik. 2010. “Pengembangan Konsep Model Pendidikan Inklusifâ€Â. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional.
Fransisca Nur’aini Krisna, Studi Kasus Layanan Pendidikan Non Formal Suku Baduy Suara Karya Online, 4 Mei 2006. “Wapres Jusuf Kalla Hari Ini Canangkan Wajar Diknas di Banten†http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=142849 (diakses tanggal 25 September 2010).
Wahyuni, Sri Tutik, Rusdianto, Syofia Cholidawati, Septi Nur Cahyaningrum. 2010. Analisis Program Keaksaraan Fungsional terhadap Peningkatan Angka Melek Aksara (Literacy Rate) di Desa Bades
Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Universitas Negeri Malang, 2010.
Summer Institute of Linguistics, Inc, 1999. What is Functional Literacy? http://www.sil.org/lingualinks/literacy/referencematerials/glossaryofliteracyterms/WhatIsFunctionalLiteracy.htm (diakses tangal 16 September 2010).