Logo

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Ketercapaian Pendidikan Dasar dan Menengah Berdasarkan Misi Pendidikan 5K: Kasus Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tahun 2010/2011

Ida Kintamani DH
Submitted
Oct 31, 2013
Published
Mar 5, 2013
PDF (BAHASA INDONESIA)
Citation
Kintamani DH, I. (2013). Ketercapaian Pendidikan Dasar dan Menengah Berdasarkan Misi Pendidikan 5K: Kasus Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tahun 2010/2011. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(1), 123–139. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i1.112
Abstract

The purpose of this analysis is to analyse the results of educational indicators and the extent of achievement of primary and secondary education in Nabire District, Papua Province based on education mission “5Kâ€Â. These are availability; affordability; quality; equivalency; and obtain educational services. The results show that the mission availability is achieved by 90.73 as a main category; mission affordability is achieved by 89.94 as a medium category; mission quality is achieved by 64.95 as a less category; mission equivalency is achieved by 90,51 as a main category; and obtain educational services is achieved by 98,13 as a perfect category. However, when viewed according to the level of education of the primary, junior, and senior secondary schools are achieved of 88.61, 86.28, and 85.25 respectively as medium category. Thus, it can be said Nabire District is achieved on basic and secondary education as a medium categories. However, the necessary improvements are in mission quality in primary, junior and senior secondary school due to only achieved 64.95 as a less category. Primary school needs to be improved in teacher quality, good classrooms, and library, junior secondary school in teacher qualities, graduate rates, libraries, and senior secondary school in graduate rates, good classrooms, computer rooms, and laboratories.

 

ABSTRAK

 

Tujuan analisis ini, yaitu untuk mengkaji hasil indikator pendidikan dan sejauh mana ketercapaian pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Nabire, Papua berdasarkan misi pendidikan, yaitu: ketersediaan: keterjangkauan; kualitas; kesetaraan; dan kepastian memperoleh layanan pendidikan (5K). Hasilnya menunjukkan bahwa misi ketersediaan mencapai sebesar 90,73, termasuk kategori utama; misi keterjangkauan mencapai sebesar 89,94, termasuk kategori madya; misi kualitas mencapai sebesar 64,95 termasuk kategori kurang, misi kesetaraan mencapai sebesar 90,51 termasuk kategori utama; sedangkan misi kepastian memperoleh layanan pendidikan mencapai sebesar 98,13, termasuk kategori paripurna. Namun, bila dilihat menurut satuan pendidikan SD, SMP, dan SM tercapai masing-masing sebesar 88,61,86,28, dan 85,25 termasuk kategori madya. Dapat dikatakan bahwa ketercapaian dikdasmen Kabupaten Nabire mencapai 86,85, termasuk kategori madya. Sekalipun demikian, perlu dilakukan pembenahan pada misi kualitas, karena hasil SD, SMP, dan SM sebesar 64,95 termasuk kurang. Untuk SD, perlu ditingkatkan persentase guru yang layak, ruang kelas baik, dan ketersediaan perpustakaan. Untuk SMP, perlu ditingkatkan persentase guru layak mengajar, angka lulusan, persentase ketersediaan perpustakaan, ruang komputer, dan laboratorium, sedangkan untuk SMA perlu ditingkatkan angka lulusan, persentase ketersediaan ruang kelas baik, ruang komputer, dan laboratorium.

Statistics

Downloads

Download data is not yet available.
Read Counter : 435
Downloads : 385
References
Anonim, http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/tentang-kemdikbud-visi, diakses pada tanggal 19 Juli 2012
Badan Pusat Statistik. 2011. Kabupaten Nabire dalam Angka 2010, Nabire.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1977. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0259/U/1977 tentang Kordinasi Pengolahan Data di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Nomor 14, Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.
Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire. 2010. DPA SKPD Kabupaten Nabire Tahun 2010 (tidak diterbitkan)
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010a. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional 2010-2014. Jakarta.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010b. Peraturan Mendiknas Nomor 15, Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota. Jakarta
Pusat Statistik Pendidikan. 2010. Keberhasilan Program Pembangunan Pendidikan, Tahun 2009/2010. Jakarta.
Pusat Data dan Statistik Pendidikan. 2011a. Profil Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2010/2011 Buku 3. Jakarta.
Pusat Data dan Statistik Pendidikan. 2011b. APK/APM TK, SD, SMP, SM, dan PT 2010/2011. Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal.